11

MAR 20

Tim writer GoodLife

Si Unik Jahe Merah Yang Kaya Manfaat

Jahe merah punya banyak keunggulan dibanding jenis jahe putih. Apa yah perbedaannya dengan jahe putih, dan apa saja manfaatnya?

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang kaya manfaat. Belakangan jahe merah menjadi primadona dibanding jahe putih yang umum ditemui. Sebenarnya apa, sih, perbedaan jahe merah dan jahe putih?

Perbedaan yang paling mencolok dari segi fisik adalah jahe merah memiliki rimpang berwarna merah. Ukuran jahe merah paling kecil dibanding jahe putih kecil (jahe emprit) dan jahe putih besar. 

Namun kandungan minyak atsiri pada jahe merah lebih tinggi sehingga rasanya lebih pedas. Kandungan minyak atsiri pada jahe merah 2,58-2,72%. Sedangkan jahe putih besar hanya 0,82-1,68% dan jahe putih kecil 1,5-3%. Jahe merah juga mengandung zat gingerol dan oleorosin lebih banyak. 

Karena kelebihan kandungannya inilah jahe merah lebih sering digunakan sebagai obat untuk mengatasi beragam penyakit. Yuk, ketahui apa saja manfaat si unik jahe merah!

1.  Obati Sakit Kepala

Kandungan gingerol dan kamfena pada jahe merah ampuh menghangatkan badan dan meredakan sakit kepala.

 

2.  Mencegah Radang Usus

Mengandung komponen aktif zingeron yang menghambat enzim yang dapat memicu radang di bagian pencernaan.

 

3.  Atasi Batuk dan Asma

Dengan kandungan minyak atsiri yang tinggi, jahe merah ampuh meredakan gangguan pernapasan, seperti batuk, alergi, dan asma. Minyak atsiri bekerja mencairkan lendir di saluran pernapasan sehingga napas lebih lega. 

Selain itu, kandungan flavonoidnya bersifat antiradang sehingga bisa menyembuhkan gatal dan radang di tenggorokan.

 

4.  Booster Imunitas

Ekstrak jahe merah bisa membunuh bakteri jahat dalam tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

5.  Meredakan Mual dan Kembung

Senyawa aktif pada jahe merah meredakan produksi gas dan asam lambung pada saluran percernaan yang membuat perut terasa nyeri, sebah, kembung, serta terasa mual.

 

6.  Turunkan Berat Badan

Ekstrak jahe merah efektif membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Jahe merah juga memberikan efek rasa kenyang lebih lama sehingga berat badan bisa lebih terkontrol. Cocok buat kamu yang sedang diet.

 

7.  Turunkan Kolesterol

Menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan trigliserida. 

Nah, kamu tertarik mencoba jahe merah? Sekarang banyak ekstrak jahe merah kemasan yang dijual di pasaran. Namun jika ingin mencoba membuat sendiri agar terjamin keasliannya, kamu bisa juga, kok. Cukup cuci bersih beberapa buah jahe merah lalu parut atau memarkan. Rebus dengan air secukupnya dan boleh tambahkan gula aren agar tidak terlalu pedas. Saring dan minum hangat-hangat. Selamat mencoba, Goodpeeps!

Recommended Articles