28

JAN 20

Tim writer GoodLife

Pentingnya Vitamin D3 Bagi Tubuh, Bisa Perbaiki Mood Kamu

Kini, banyak orang yang semakin sadar pentingnya Vitamin D3 bagi kesehatan. Apa saja manfaat Vitamin D3?

Vitamin D sering disebut juga sebagai “vitamin sinar matahari” atau “sunshine vitamin” karena hanya diproduksi secara alamiah oleh kulit yang terpapar sinar matahari. Namun, karena tidak semua wilayah di dunia mendapat cukup sinar matahari dan proses sintesa dari sinar UVB menjadi Vitamin D tidak sama pada setiap orang, suplemen lantas menjadi salah satu solusi untuk mencukupi kebutuhan Vitamin D.

Ada 2 suplemen Vitamin D yakni Vitamin D2 (dergokalsiferol) dan Vitamin D3 (kolekalsiferol). Vitamin D2 umumnya berasal dari tanaman atau jamur yang terkena sinar UV sementara Vitamin D3 dapat ditemukan pada makanan yang berasal dari hewan. Vitamin D3 terbentuk secara lebih alami di dalam tubuh sehingga lebih efektif. 

Apa saja  sih manfaat Vitamin D3 ini?

1.  Kesehatan tulang

Asupan Vitamin D3 akan memperkuat tulang karena ia mengatur dan mengontrol kemampuan tubuh untuk menyerap fosfor dan kalsium, 2 bahan yang membantu memperkuat dan memadatkan sistem rangka dan gigi manusia.

2.  Mengontrol kadar insulin

Vitamin D3 menstimulasi pankreas dan mempercepat proses produksi insulin sehingga kadar gula darah bisa dijaga supaya tetap normal. Ini akan sangat membantu para diabetisi untuk mengontrol kadar gua darah mereka.

3.  Menurunkan tekanan darah

Studi yang dilakukan Boston University menemukan bahwa penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi ternyata menurun tekanan darahnya ketika kadar Vitamin D3-nya naik. Vitamin D3 secara aktif mengurangi konsentrasi renin, enzim yang disekresi oleh ginjal dan mempengaruhi pembuluh darah. 

4.  Mencegah kanker

Beberapa bukti menunjukkan bahwa peningkatan kadar Vitamin D3 akan membantu menurunkan pertubuhan tumor prostat. Laporan lain mencatat, kombinasi nutrisi dan serat bisa mengurangi resiko pertumbuhan polip yang bisa berkembang menjadi kanker kolon. Kombinasi Vitamin D dan kalsium juga mampu menurunkan resiko kanker hingga 60% pada perempuan yang memasuki masa menopause. 

5.  Kesehatan jantung

Fungsi jantung bisa diperbaiki dengan Vitamin D3. Hasil studi menunjukkan, rendahnya kadar Vitamin D3 berhubungan dengan meningkatnya kemungkinan serangan jantung. Para peneliti yakin bahwa Vitamin D3 berperan sebagai “penenang jantung” yang membantu memperbaiki daya tahan kardiovaskuler dan mencegah sel otot jantung supaya tidak terlalu lebar. Ini akan mencegah terjadinya penebalan dinding ventrikel, yang berpotensi menghambat aliran darah dan menyebabkan serangan jantung.

6.  Memperbaiki mood

Salah satu manfaat penting Vitamin D3 adalah menjaga dan memperbaiki mood. Vitamin D3 tak hanya memperbaiki mood positif tetapi juga mengurangi gejala depresi klinis. 

Recommended Articles