23

MAR 20

Tim writer GoodLife

6 Pilihan Menu Lunch Lezat Dan Sehat Di Bawah 500 Kalori

Goodpeeps, buat kamu yang masih #dirumahaja atau #tetapngantor, selalu jaga kesehatan yah. Pola makan yang salah berkontribusi cukup besar terjadinya penyakit-penyakit berat. Duh, apalagi di tengah-tengah wabah Covid-19 ini kita benar-benar sudah harus memperhatikan apa yang kita makan.

Nah, makan siang biasanya menjadi waktu dimana rata-rata kita terbiasa makan banyak atau lahap, tapi hati-hati, jika tidak terkontrol, kalori yang masuk bisa bikin berat badan naik juga.

Ada beberapa menu makan siang sehat tetapi juga enak yang bisa jadi pilihan kamu. Kabar baiknya, semua di bawah 500 kalori dan bisa kamu bikin sendiri di rumah. 

 

1.  Tuna Avocado Sandwich

350 Kalori

Avokad mengandung vitamin C, E, K, potasium, serat, serta lemak baik. Tuna kaya asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan kardiovaskuler.

Siapkan daging avokad yang dihaluskan, air lemon, daging tuna cincang, irisan tomat, lettuce, bawang bombay. Susun semuanya di atas roti gandum.  

 

2.  Spicy Chicken Salad

266 Kalori

Senyawa capcaisin pada jalapeno berkhasiat membakar lemak. Daging dada ayam tanpa kulit tinggi protein dan mineral. 

Campur potongan daging dada ayam, air lemon, dijon mustard, irisan jalapeno, irisan batang seledri, lada hitam. Santap dengan seporsi bayam kukus yang kaya serat.

 

3.  Salmon Avocado Sushi

470 Kalori

Asam lemak omega-3 pada daging salmon membantu perbaikan sel-sel tubuh dan bersifat anti-inflamasi.

Bahan-bahannya adalah irisan salmon, irisan avokad, nasi sushi, irisan pepaya mengkal, nori sheet, potongan jeruk nipis. Caranya, letakkan nasi sushi pada selembar nori, beri isian lalu bumbui dengan sedikit perasan jeruk nipis, garam, dan merica. 

 

4.  Salmon Cucumber Boat

431 Kalori

Mentimun kaya air untuk menghidrasi kulit sedangkan capers selain menambah rasa hanya mengandung 2 kalori per sendok makan. 

Kamu tinggal membelah mentimun dan buang bagian tengahnya. Isi dengan campuran daging salmon, capers, mustard, yoghurt low fat, garam, merica. Sajikan dengan salad sayuran dan olive oil. 

 

5.  Grill Chicken and Pineapple Sandwich

387 Kalori

Mau menu lunch yang segar ala-ala Hawaii? Siapkan daging dada ayam tanpa tulang dan kulit, saus teriyaki, keju lembaran, irisan nanas, roti gandum, bawang bombay dan jalapeno iris.

Rendam ayam dengan saus teriyaki dan simpan dalam freezer. Panggang ayam 5 menit, tambahkan keju di atasnya sampai meleleh. Panggang juga irisan nanas dan roti sekitar 2 menit. Susun ayam, nanas, roti, jalapeno dan bombay.

 

6.  Chicken Spinach Salad

417 Kalori

Kandungan asam acetat dalam cuka membantu menekan akumulasi lemak tubuh. 

Campur daun bayam kukus, potongan buah bit, cranberry kering, almond, daging dada ayam panggang, keju parut, dan cuka secukupnya. Aduk rata dan nikmati salad sehat ini! 

Nah, cocok banget, kan, buat kamu yang lagi dalam program penurunan berat badan atau lagi mengubah pola hidup sehat. Selamat mencoba, Goodpeeps!

Recommended Articles