30

DEC 19

Tim writer GoodLife

10 Makanan Sehat Ini Bakal Jadi Trend Di 2020, Coba yuk!

Buat yang punya goal menjaga pola makan sehat di tahun baru, list ini bisa jadi contekan kamu!

Bukan cuma fashion atau dekorasi aja yang punya trend setiap tahunnya, makanan pun punya. Dan di tahun 2020 yang sebentar lagi datang, ada beberapa bahan makanan sehat yang digadang-gadang bakal menjadi trend. Tentu saja karena kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan. 

Dikutip dari situs www.prevention.com daftar makanan sehat berikut ini bakal populer tahun 2020. Yuk, cari tahu jenis serta kandungannya!

1.  Daging Nabati

Daging berbahan nabati sebetulnya mulai ada 2019, namun diprediksi tahun depan bakal booming karena semakin banyak orang beralih pada makanan plant-based. Lebih cocok untuk menjaga kesehatan dan lebih sustainable.

2.  Biji-bijian Kuno

Tahun depan bukan lagi quinoa yang disebut-sebut sebagai superfood, tapi ada biji-bijian kuno lainnya seperti farro, spelt, jawawut, bulgur, teff, dan sebagainya, yang terbukti menyehatkan karena kaya serat, menurunkan kolesterol, serta memperkecil risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

3.  Mentega Nabati

Akan muncul semakin banyak variasi mentega berbahan nabati atau plant-based, seperti mentega kacang, mentega almond, mentega chickpea, mentega macadamia, mentega biji semangka, dan sebagainya.

4.  Susu Kacang Hijau

Kedelai sudah dikenal sebagai sumber protein nabati selama bertahun-tahun. Nah, tahun 2020 orang mulai beralih ke protein nabati dari kacang hijau dan biji rami.

5.  Diet Pegan

Merupakan gabungan dari diet vegan dan diet paleo yang berbasis pada clean eating. Diet ini menyarankan banyak konsumsi sayuran dan buah-buahan, lemak baik, bahan organik yang bebas pestisida, antibiotik serta hormon, ikan rendah merkuri. Diet Pagan membatasi konsumsi gandum dan produk susu karena bisa meningkatkan kadar gula darah dan inflamasi.

6.  Susu Oat

Dibanding susu almond, di tahun 2020 susu oat (haver) bakal lebih nge-trend. Cocok sebagai opsi dairy-free, termasuk bagi orang-orang yang menderita intoleransi laktosa.

Sebaiknya teliti sebelum membeli, pastikan susu oat yang kamu beli murni tanpa tambahan gula atau perasa. Tambah sedikit bubuk kopi untuk memberikan rasa yang berbeda.

7.  Hummus

Makanan sehat yang kaya serat dan protein ini terbuat dari kacang arab giling, tahini (wijen giling), minyak zaitun, perasan limau, garam, bawang putih. Hindari menambahkan gula atau topping manis agar lebih sehat.

8.  Granola dan Smoothies Prebiotik

Sebagai makanan tambahan, granola, bubuk protein, atau smoothies yang mengandung prebiotik atau bakteri baik sangat menyehatkan untuk pencernaan, dan bakal populer di tahun 2020.

Selain itu, makanan fermentasi seperti yoghurt, acar, kombucha, sauerkraut, miso, kimchi, kefir, juga masih menjadi tren karena mengandung prebiotik alami yang meningkatkan imunitas tubuh.

9.  Kunyit

Bermanfaat menyehatkan pencernaan, menghaluskan kulit, meredakan stres serta menghalau polutan dari tubuh. Curcumin, antioksidan pada kunyit juga membantu melindungi jantung, imunitas tubuh serta memperlancar metabolisme tubuh. 

Coba, deh, bubuhkan sedikit bubuk kunyit di atas telur orak-arik atau susu hangat.

10.  Buah Bit

Khasiat bit sangat banyak, termasuk untuk pemulihan setelah sakit, untuk meningkatkan produksi darah merah, serta mengobati inflamasi. Coba konsumsi segelas jus bit  sebelum berolahraga. 

Kamu mau coba yang mana, Goodpeeps?

Recommended Articles