06

JAN 20

Tim writer GoodLife

Selain Susu Sapi, Ini Ragam Susu dan Nutrisinya

Kamu alergi atau kurang suka rasa susu sapi? Nggak perlu khawatir, sekarang banyak alternatif selain susu sapi, baik hewani maupun nabati, yang juga kaya nutrisi. 

 

Banyak orang menganggap nutrisi hariannya kurang lengkap tanpa segelas susu. Alasannya, susu kaya vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan, terutama kalsium yang memperkuat tulang. 

Meski paling populer adalah susu sapi, namun sebenarnya masih banyak pilihan susu berbahan lain yang nggak kalah tinggi nutrisinya. Susu alternatif ini penting banget terutama buat penderita intoleransi laktosa yang sistem pencernaannya terganggu ketika mengonsumsi susu sapi atau muncul alergi di kulit. Atau juga bagi kamu yang sedang menjalani diet vegan.

Yuk, kenali beragam susu berdasarkan bahannya, baik hewani maupun hewani, dan apa saja kandungan nutrisinya.

 

1.Susu Sapi

Jenis susu yang paling mudah ditemui dan banyak dikonsumsi. Mengandung vitamin dan asam amino, seperti vitamin A, vitamin B2, potasium, zat besi, kalsium, magnesium, yodium, seng. Kandungan kalori dan lemak susu sapi lebih rendah dari susu kambing, sedangkan kandungan vitamin B12, folat, dan seleniumnya lebih tinggi.

 

2.Susu Kambing

Dibanding susu sapi aroma susu kambing lebih tajam. Kandungan asam lemaknya 35% lebih tinggi, kadar gulanya lebih rendah, protein, kalsium dan magnesium lebih tinggi.

Kelebihannya lagi, susu kambing dapat memenuhi 5% vitamin C harian serta membantu menormalkan kadar kolesterol. Buat yang alergi susu sapi, bisa mencoba susu kambing yang lebih mudah dicerna.

 

3.Susu Kerbau

Banyak dimanfaatkan untuk susu dan produk turunannya, seperti keju dan yoghurt. Kandungan lemak susu kerbau dua kali lipat susu sapi sehingga cocok buat kamu yang mau meningkatkan berat badan. 

Selain itu, kadar kalsiumnya lebih tinggi dari susu sapi, kaya vitamin dan mineral khas susu , serta memiliki daya simpan lebih lama dibanding susu sapi atau kambing.

 

4.Susu Kuda

Di beberapa daerah, susu kuda dipercaya bisa meningkatkan vitalitas. Faktanya dibanding susu sapi, kandungan kalori dan protein susu kuda lebih sedikit, kandungan gulanya lebih tinggi, dan rasanya lebih gurih.

 

5.Susu Unta

Mungkin jarang ditemukan di Indonesia ya, Goodpeeps. Tapi mungkin suatu hari bisa jadi alternatif menarik karena ternyata kandungan vitamin C susu unta 3 kali lipat susu sapi. Selain itu tinggi zat besi, asam lemak tak jenuh, vitamin B, mineral serta antimikroba yang tidak ada dalam susu sapi.

 

6.Susu Kedelai

Populer sebagai susu pengganti bagi orang yang alergi susu sapi. Mengandung asam amino esensial dan proteinnya mirip susu sapi. Kelebihannya susu kedelai lebih rendah lemak dan tanpa kolesterol. Sayangnya, susu ini tidak mengandung kalsium setara dengan susu sapi.

Terbuat dari kedelai atau isolat protein kedelai dengan tekstur lembut dan bau yang khas. Secangkir susu kedelai mengandung sekitar 80 kalori, 4 gram lemak, 7-9 gram protein, serta 4 gram karbohidrat.

 

7.Susu Almond

Susu yang populer belakangan ini tergolong mahal ketimbang susu kedelai atau susu sapi, tetapi rasanya memang enak. Sayangnya protein dan kalsium almond lebih rendah dibanding susu sapi. Biasanya dikonsumsi orang yang intoleran laktosa atau sedang diet vegan. 

Namun susu almond juga punya keunggulan, di antaranya kandungan vitamin E yang tinggi sebagai antioksidan pelindung tubuh dari radikal bebas, rendah kalori dan lemak. Pilih susu almond dengan kandungan almond yang tinggi, sekitar 7-15%.

 

8.Susu Gandum

Rasanya lebih ringan dan manis dari jenis susu nabati lainnya. Segelas susu gandum mengandung 140-170 kalori, 5 gram lemak, 2,5-5 gram protein, serta 19-29 gram karbohidrat. Kandungan kalorinya setara susu sapi, namun susu gandum sangat tinggi serat total dan betaglukan (serat larut) yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

 

Sebelum memutuskan susu berbahan apa yang mau dicoba, sesuaikan dengan kebutuhan tubuh kamu, ya. 

Recommended Articles