08

JAN 20

Tim writer GoodLife

Sup Bisa Sembuhkan Flu? Ini Alasannya

Ternyata bukan mitos, lho! Semangkuk sup ayam hangat bisa mengobati flu.

Saat flu menyerang badan mulai terasa meriang, kepala berat, hidung mampet, dan bersin-bersin. Rasanya cuma nyaman tarik selimut dan tiduran sepanjang hari. Tapi flu nggak akan sembuh hanya dengan tidur. Tubuh kita tetap butuh makanan bernutrisi agar cepat pulih dari sakit. Makanan-makanan berkuah seperti sup ayam bisa menjadi pilihan aman dan menyegarkan saat tubuh didera flu.

Selain itu, sup ayam juga ternyata dipercaya bisa menyembuhkan flu. Lho, kok bisa? Yah jawabannya terletak pada kandungan bahan-bahan yang ada di dalam sup ayam tersebut. Termasuk apa aja?

1.Kuah Kaldu Hangat

Sup ayam mengandung cairan atau kuah yang diperlukan untuk menghidrasi tubuh, terlebih saat flu. Meski tenggorokan sakit, semangkuk kuah sup hangat sangat mudah ditelan. Kuah hangat ini membantu mencairkan lendir yang menyumbat di sepanjang saluran pernapasan dan menjadi pelumas bagi tenggorokan yang kering.

Dokter Anil Ballani dari Hinduja Hospital menjelaskan sup ayam bisa menghambat pergerakan neutrofil (tipe sel darah putih) di saluran pernapasan sehingga bisa mengurangi sumbatan lendir. Selain itu, kaldu ayam kaya gelatin dan kolagen yang juga baik untuk daya tahan tubuh.

 

2.Daging Ayam

Dalam studi American Journal of Thepapeutics disebutkan daging ayam mengandung senyawa carnosine yang memperkuat kekebalan tubuh untuk melawan flu. 

Selain itu protein yang tinggi, vitamin B6, kalsium, kondroitin, dan glukosaminn dalam daging ayam mempercepat proses pemulihan sel-sel dalam tubuh, membantu pembentukan sel darah merah, dan mengatasi rasa nyeri akibat demam flu.

 

3.Paduan Rempah

Aneka bumbu dan rempah yang dimasukkan dalam panci sup beraroma segar dan memberikan efek meningkatkan daya tahan tubuh. Ada merica, bawang putih, kapulaga, pala serta cengkih. 

Misalnya, pala berkhasiat mengatasi masalah susah tidur, mual serta melancarkan peredaran darah. Sensasi pedas dan hangat merica mengobati sakit kepala, sesak napas, serta melawan kuman dalam saluran pencernaan.

 

4.Sayuran

Potongan wortel dan daun bawang selain menyedapkan juga tinggi vitamin dan mineral, lho. Antioksidannya bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Jadi saat flu jangan lupa cukup istirahat dan mengonsumsi sup ayam untuk meredakan gejalanya. Namun jika keluhan flu tidak mereda hingga lebih dari 3 hari sebaiknya kamu tetap berkonsultasi ke dokter ya Goodpeeps!

SUP SEMBUHKAN FLU MANFAAT SUP AYAM

Recommended Articles