29

FEB 20

Tim writer GoodLife

Nggak Tahan Nyeri Haid? 10 Makanan Enak Ini Bisa Jadi Solusi

Perut terasa nyeri bahkan sampai kram tiap datang haid. Redakan dengan makanan- makanan enak berikut ini, yuk!

Karena lonjakan hormon menjelang haid, fisik dan emosi perempuan pun bereaksi. Salah satu yang paling ganggu adalah kala nyeri, mulas, bahkan kram di perut datang. Rasa sakitnya..duuuh, bisa bikin aktivitas seharian berantakan.

Untuk meredakan nyeri haid, ada beberapa bahan makanan sehat dan enak yang bisa kamu coba.

1.  Ikan Mengandung Omega 3

Ikan yang mengandung omega 3 nggak hanya salmon, lho, tapi juga makarel dan kembung. Selain baik untuk kesehatan jantung, omega 3 bisa menghindarkan kamu dari nyeri haid. Daging ikan juga mengandung sifat anti-inflamasi untuk meredakan nyeri.

 

2.  Roti Gandum

Kandungan magnesium, kalsium, kalium, vitamin B dan E pada gandum bisa meredakan kram, pegal-pegal, mual, nyeri, serta memberikan energi ekstra saat tubuh kelelahan. Protein, zat besi, folat, zinc mempercepat pemulihan sel-sel tubuh.

 

3. Pisang

Vitamin B6, potasium, dan kalium pada pisang membantu melemaskan otot yang kaku atau kram, meningkatkan mood, serta sumber energi bergizi.

 

4. Sayuran Hijau

Brokoli, bayam, kale, sawi, kangkung, dan sayuran hijau lainnya kaya vitamin A, C, B6, E serta mineral seperti magnesium, kalsium serta kalium yang bisa meringankan nyeri dan kram saat haid. Dibikin jus atau tumisan dengan aneka bumbu enak, lho.

 

5. Yoghurt

Mengandung bakteri baik yang menyehatkan pencernaan, mengurangi rasa nyeri, mual serta kembung. Nutrisi dalam segelas yoghurt di antaranya vitamin B kompleks, zinc, selenium, zat besi, magnesium, kalium, fosfor yang juga meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah anemia akibat haid. 

Yuk, konsumsi semangkuk yoghurt dengan taburan granola atau buah berry yang menyegarkan.

 

6. Dark Chocolate

Siapa nggak suka ngemil cokelat? Selain enak, kandungan kafein dan kakao murni dalam prosentasi tinggi pada dark chocolat ini bisa meredakan nyeri haid dan membuat otot rileks. Jadi nggak ada salahnya selalu simpan sebatang dark chocolate di lemari es, Goodpeeps!

 

7. Telur Rebus

Telur mengandung vitamin dan mineral yang ternyata berguna meringankan gejala PMS seperti nyeri dan kram perut, pegal-pegal, mood swing, pusing serta kelelahan. Santap sebutir telur rebus dan sepiring salad saat sarapan, yuk!

 

8. Selai Kacang

Kok, bisa? Ternyata kandungan vitamin B6 yang bikin selai kacang ampuh mengurangi rasa kurang nyaman di perut saat haid. Sedangkan magnesium-nya bisa memperbaiki mood dan mengobati perut sebah.

 

9.  Air Jahe

Segelas air jahe hangat bisa meredakan nyeri perut. Cukup memarkan beberapa ruas jahe dan rebus dalam 1 gelas air hingga mendidih dan aromanya menguar. Hirup uapnya dan seruput selagi hangat. Benar-benar menenangkan perut, deh.

 

10. Jus Nanas

Enzim bromelain pada nanas ampuh meredakan peradangan, gangguan pencernaan, dan ketegangan otot yang berakibat nyeri haid. Campur jus nanas dengan satu sendok teh madu lebih baik ketimbang menggunakan gula pasir.

Jadi, jangan buru-buru minum obat pereda nyeri haid, Goodpeeps. Coba list makanan enak ini dulu, yuk!

Recommended Articles