10

FEB 20

Tim writer GoodLife

Oregano Nggak Cuma Bikin Wangi Pasta, Ini Manfaatnya

Daun kecil yang kaya akan manfaat kesehatan tubuh

Kamu pasti suka banget wangi khas oregano pada makanan Italia seperti pizza atau pasta. Tapi sudah tahukah kamu oregano juga punya banyak manfaat kesehatan?

Sejak dulu bapak kedokteran asal Yunani Hippocrates sudah menggunakan oregano untuk mengobati beragam keluhan kesehatan, seperti infeksi, sakit perut hingga gangguan pernapasan ringan. Di berbagai negara oregano pun digunakan mulai dari bunga, daun, batang hingga minyaknya. Misalnya di Cina, para dokter memanfaatkan oregano untuk meredakan demam, diare, mual hingga gatal di kulit. 

Oregano mengandung carvacrol, thymol, borneol, asam ursolat, dan asam kafetat  yang membantu menghilangkan lendir di paru-paru, mengatasi keluhan pencernaan, menjaga kesehatan liver, meredakan pilek, flu, batuk, brokhitis, asma, sakit gigi, radang tenggorokan, meredakan nyeri menstruasi, kram, sakit kepala, mengusir serangga, hingga jerawat. 

Wah, banyak banget manfaatnya, ya, Goodpeeps. Yuk, bahas satu persatu manfaat oregano!

1. Tinggi Antioksidan

Oregano mengandung thymol serta asam rosmarinic yang tinggi antioksidan untuk meredakan stres oksidatif di dalam tubuh. 

Dalam sebuah studi bahkan disebutkan minyak oregano memiliki konsentrasi komponen antioksidan lebih tinggi dibanding bluberi, jeruk, serta vitamin E.

2. Sehatkan Pencernaan

Nggak heran oregano disebut-sebut menyehatkan sistem pencernaan kita, karena meski daunnya sangat kecil dalam setiap 100 gramnya mengandung 43 gram serat.

3. Jaga Kesehatan Mulut

Gusi sering berdarah, bibir sariawan, atau gigi sering sakit? Coba deh konsumsi daun atau minyak oregano. Kandungan vitamin C-nya cukup tinggi dan bersifat antibakteri.

4. Detoksifikasi Tubuh

Daun oregano kaya kalsium, mangan, vitamin K serta zat besi yang berperan dalam mengeluarkan racun-racun dari hati.

5. Jaga Kesehatan Jantung

Kandungan omega-3 dan antioksidan yang tinggi berguna berguna mencegah meningkatnya kolesterol jahat yang membahayakan kesehatan kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

6. Obati Jerawat 

Oregano mengandung antiseptik dan antibiotik untuk melawan bakteri, virus, jamur, termasuk mengobati jerawat.

 

Sedikit tips untuk kamu:

Kamu punya daun oregano kering di rumah? Simpan di dalam wadah kedap dan taburkan saat membuat pasta, pizza, pastry atau sup di rumah biar makananmu tambah lezat. Atau, kalau kamu suka banget wangi khasnya, simpan sejumput oregano dalam kain tule yang berpori lalu simpan di ruang tamu atau kamar tidur. Hmmm wangiii...

Recommended Articles