15

JUL 19

Tim writer GoodLife

Ingin Sukses Saat Wawancara Kerja

Berdoa, it's first!

Perkenalan diri saat wawancara kerja menjadi bagian penting yang turut menentukan apakah rekruter mudah mengingat dan tertarik mempekerjakan kamu.

 

Kesan pertama harus perfect. Begitu nasihat yang sering diberikan pada seseorang yang mau melakukan wawancara kerja. Perkenalan pertama dengan pihak perusahaan saat wawacara kerja memang menjadi momen penting yang perlu dipersiapkan. Rekruter akan menilai kamu bukan hanya dari skill bekerja, tetapi juga dari cara kamu memperkenalkan diri.

 

Apa saja yang sebaiknya dipersiapkan?

 

1.    Perkenalan di Resepsionis

Setiba di calon kantor, perkenalkan diri pada resepsionis dengan jelas dan lancar. Sebutkan nama, tujuan kedatangan dan siapa yang akan ditemui.

 

2.    Perkenalan dengan pihak HRD

Dari resepsionis biasanya kamu akan diarahkan ke ruangan untuk bertemu pihak HRD atau rekruter. 

 

Perkenalkan diri dengan ramah dan sopan, tawarkan berjabat tangan. Jangan lupa sebutkan nama sambil tersenyum dan lakukan eye contact dengan intens.

 

3.   “Ceritakan Tentang Diri Anda”

Setelah pihak rekruter mempersilahkan duduk, biasanya kamu akan diminta untuk menceritakan tentang diri kamu. Jangan sampai gugup. Lakukan dengan tenang, singkat dan padat. Cukup sebutkan nama lengkap, latar belakang pendidikan, pengalaman bekerja yang pernah dijalani.

 

4.    Minat dan Skill

Selanjutnya kamu bisa membuat rekruter terkesan dengan memaparkan apa saja skill yang kamu miliki serta minat atau keterampilan. Tekankan pada hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan dan tidak perlu terlalu panjang.

 

5.    Berikan Contoh Spesifik

Rekruter biasanya menyukai jawaban yang spesifik. Misalnya,  tentang peranan kamu dalam pekerjaan sebelumnya. Tidak cukup kamu bilang “saya tekun” atau “saya rajin” tetapi perlu contoh hal-hal yang pernah kamu capai. Misalnya, sebutkan proyek-proyek yang berhasil kamu kerjakan dengan baik atau promosi yang kamu dapat.

 

6.    Penampilan Sopan dan Sesuai Value Perusahaan

Nah, yang enggak kalah penting dipersiapkan saat wawancara kerja adalah memakai pakaian yang nyaman, sopan dan sesuai value perusahaan. 

 

Jika kamu menghadiri wawancara di perusahaan dengan budaya kerja formal, gunakan setelan resmi untuk memberikan kesan profesional. Hindari pemakaian jeans atau bahan yang mudah lecek. Sebaiknya pilih warna atau motif yang netral. Pakai sepatu resmi dengan ujung tertutup.

 

Jika kamu menghadiri wawancara di perusahaan dengan budaya kerja lebih santai, kamu bisa menggunakan pakaian semi formal. Misalnya, padukan kemeja, rok midi dan cardigan. Alas kaki pun bisa dipilih yang tidak terlalu formal, seperti flat shoes atau oxford.

Recommended Articles