05

JAN 20

Tim writer GoodLife

Udah Pernah Nyoba Belum? Ini Buah Asli Indonesia Yang Hampir Punah

Terletak di daerah tropis membuat Indonesia kaya akan sumber dayam alam, salah satunya buah. Aneka jenis buah-buahan tropis tersebar di seluruh Indonesia. Sayangnya, beberapa jenis buah asli Indonesia ini sudah semakin sulit dijumpai dan mendekati punah.

Salah satu penyebabnya penebangan hutan secara tidak bertanggung jawab dan derasnya buah impor yang masuk ke Indonesia sehingga petani buah kalah bersaing dan memilih mata pencaharian lain. Nah sebelum benar-benar punah, kamu harus cobain nih buah-buahan asli Indonesia berikut ini.

1.  Buni

Buah buni hampir mirip dengan cranberrym yaitu buahnya berada dalam satu tandan, saat muda, buah buni berwarna kekuningan dan saat matang berwarna merah kehitam-hitaman. Rasanya asam sedikit manis. Oleh karenanya buah ini sering dijadikan rujak atau selai.

 

2.  Jamblang

Jamblang termasuk jenis jambu-jambuan dan memiliki bentuk lonjong panjang. Saat matang, jamblang berwarna ungu gelap dan rasanya enak untuk langsung dimakan. Jamblang juga punya nama lain, yaitu jambu keeling atau duwet.

 

3.  Kecapi

Buah kecapi terkenal dengan rasa yang manis sedikit asam. Kulitnya berwarna kuning keemasan saat matang dan hijau ketika masih muda. Dagingnya berwarna putih dan tersusun seperti buah manggis.

 

4.  Keledang

Buah keledang tergolong dalam jenis nangka-nangkaan dan berkerabat dengan nagka, cempedak, dan mentawa. Buah ini termasuk buah langka dari wilayah Kalimantan karena menurunnya area hutan alami di sana.

Keledang memiliki rasa manis dan legit, perpaduan rasa nangka dan manggis.

 

5.  Lobi-Lobi

Buah lobi-lobi berukuran kecil dan memiliki rasa cenderung asam dan sedikit manis. Buah ini sering dijadikan salah satu bahan rujakan, diolah jadi manisan atau asinan. Selain rasa asam yang segar, lobi-lobi juga dipercaya bisa mengatasi diare.

 

6.  Matoa

Matoa merupakan buah khas asal Papua yang umumnya berbuah hanya sekali dalam setahun pada Juli sampai Oktober.

Matoa berbentuk lonjong dan saat matang berwarna merah keunguan. Rasanya manis mirip seperti buah kelengkeng atau rambutan.

 

7.  Kepel

Tanaman buah kepel adalah flora asli dari Yogyakarta. Dahulu, buah ini adalah suguhan untuk puteri keraton-keraton di Jawa karena diyakini dengan memakan buah ini maka aroma keringat yang memakannya menjadi harum dan tak berbau tajam.

Buah kepel tumbuh di sepanjang batang dari pohonnya dan berbentuk lonjong dan runjing di bagian ujungnya. Saat sudah matang, kulitnya berwarna cokelat tua.

 

8.  Menteng

Sepintas buah ini seperti duku namun kulitnya memiliki tekstur yang lebih licin. Rasanya asam segar dan sedikit manis. Kulitnya berwarna kuning hingga cokelat keemasan.Dahulu, menteng yang punya nama lain kepundung atau mundung ini biasa ditanam di pekarangan rumah di Pulau Jawa.

Buah-buah tadi asli Indonesia lho. Namun karena desakan lahan yang makin berkurang, buah-buah tadi sudah sangat jarang ditemukan. Beruntung kalau kamu sudah pernah merasakan salah satunya.

BUAH ASLI INDONESIA BUAH BUNI BUAH JAMBLANG BUAH KECAPI BUAH KELEDANG BUAH LOBI=LOBI BUAH MATOA BUAH KEPEL BUAH MENTENG

Recommended Articles