19

MAY 20

Tim writer GoodLife

Kenapa Habis Dipijat Kita Jadi Lebih Nyaman?

Pijat mungkin adalah salah satu tradisi penyembuhan tertua, jaman dahulu di Yunani kuno, Mesir, China dan India yakin efek terapi pijat untuk mengobati berbagai penyakit. Kalau di jaman sekarang, umumnya orang memijat untuk relaksasi atau mengatasi keluhan tertentu seperti rasa sakit dan gerakan yang terbatas seperti keselo, dan sebagainya. Banyak yang mengaku, setelah dipijat badan seperti terasa enteng, lelah hilang dan nyaman. Namun sebetulnya apa yang membuat kita merasa nyaman setelah pijat?

 

1.Emosi lebih bisa diatur 

Ketika dipijat, kita akan lebih fokus pada ritme pijatan, pada napas kita, dan pikiran bisa lebih tenang. Pikiran tenang atau mindfulness inilah yang membantu mengatur emosi serta meningkatkan kesadaran. Bagian otak yang berhubungan dengan emosi, yaitu insula dan prefrontal cortex, menjadi tidak begitu aktif sehingga kita menjadi tidak mudah reaktif. 

 

2.Endorfin hilangkan nyeri

Sentuhan tangan pemijat akan menimbulkan reaksi spontan ke otak untuk melepas endorfin, hormon yang memicu rasa nikmat dan mood positif. Tak hanya itu, endorfin juga membantu menghilangkan rasa sakit atau nyeri dengan cara menghambat pengiriman sinyal rasa sakit ke otak. 

 

3.Otak merespons aromaterapi

Banyak pemijat prpfesional yang memakai aromaterapi atau minyak dengan aroma tertentu selama pemijatan dengan mengoleskannya ke tubuh. Selain melicinkan kulit sehingga tak sakit saat dipijat, aromaterapi ini akan menstimulasi aktivitas otak tertentu, antara lain enkefalin (pereda nyeri), serotonin (menenangkan), serta rasa rileks dan mengantuk. 

 

4.Peredaran darah lancar

Tekanan jari pemijat akan memperbaiki sirkulasi darah sehingga peredaran darah lebih lancar dan sel-sel yang sudah rusak dibuang. Pikiran juga akan menjadi lebih bersih dan tenang. Peneliti  menyebut, 15 menit pijatan membantu kita berpikir lebih jelas dan kesadaran serta kewaspadaan kita pun meningkat.

Mengunjungi terapis pijat berlisensi merupakan tindakan yang terbaik, tetapi kamu juga bisa memberikan dan menerima pijatan di rumah tanpa pelatihan profesional apapun. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pijatan mengurangi kecemasan dan depresi. Namun karena sekarang sulit untuk pergi ke tempat masage dan spa, kamu bisa melakukan pijatan sendiri selama beberapa menit ke dalam rutinitas harian kamu.

Salah satunya dengan menempatkan bola di antara dinding dan punggung kamu. Semua jenis bola bisa dilakukan, mulai dari tenis hingga bola basket. Gunakan gerakan memutar, maju dan mundur untuk memijat punggung kamu.

Setelah sekarang kamu lebih memahami tentang manfaat kesehatan dari memijat, penting untuk meluangkan waktu untuk melakukan latihan sederhana ini di keseharian kamu. Dengan kamu menyadari bahwa kesehatan itu penting adalah sebuah cara terbaik untuk menjalani hidup yang lebih panjang dan bahagia.

 

Baca Juga: Atasi Kecemasan Berlebih, Tips dari Selebriti ini Bisa Kamu Coba

 

Recommended Articles