02

FEB 20

Tim writer GoodLife

Coba ‘Diet Planet’ Yang Cocok Buat Green Lifestyle

Salah satu diet terbaru yang kini banyak diperbincangkan orang adalah Planetary Health atau diet planet sehat. Diet ini pertama kali diperkenalkan oleh komisi internasional EAT-LANCET

Diet ini dikembangkan oleh 37 ilmuwan terkemu di bidang kesehatan, pertanian, dan lingkungan untuk mengatasi dampak dari populasi yang terus meningkat demi kesehatan, baik planet ataupun manusia.

Secara garis besar, ide diet planet sehat ini adalah mengurangi asupan makanan yang memerlukan terlalu besar sumber daya untuk menghasilkannya dan juga makanan yang terkait dengan penyakit. Diet ini merekomendasikan untuk mengurangi konsumsi daging merah, gula, makanan olahan, dan mendorong lebih banyak asupan makanan nabati seperti sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Kelebihan dari diet ini adalah keberlanjutan dengan tujuan menciptakan planet dan populasi yang lebih sehat dengan membatasi limbah melalui pengelolaan produksi makanan yang lebih baik. Dalam skala global, diet ini bisa menyelamatkan manusia dan juga planet.

Seperti yang dilansir dari theguardian, para peneliti memperkirakan, secara global diet ini dapat mencegah sebanyak 11 juta kematian premature setiap tahun, terutama kematian karena penyakit yang berkaitan dengan pola makan yang buruk seperti penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Diet mengurangi konsumsi makanan yang membutuhkan sumber daya besar untuk menghasilkannya juga diperkirakan bisa menurunkan emisi rumah kaca global.

 

Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai diet planet sehat.

1.  Rencanakan Menu Sebelumnya

Kamu harus realistis untuk merancang menu yang akan kamu makan. Misalnya sayuran, buah, dan protein dari daging atau telur. Pastikan juga semuanya sesuai dengan budget kamu.

2.  Variasikan Buah dan Sayuran

Diet ini mengajak kamu untuk mengisi ¾ piringmu dengan sayuran dan buah-buahan. Namun agar tidak bosan, variasikan menu sayuran dan buah-buahan yang kamu makan. Saat ini sudah banyak resep yang bisa kamu contek di internet. Sesuaikan dengan ide diet planet sehat, pilih makanan yang tidak memerlukan sumber daya yang besar untuk menghasilkannya.

3.  Manfaatkan Makanan Sisa

Masalah sampah makanan juga sudah menjadi masalah global yang harus diperangi. Dengan diet planet sehat, para ilmuwan di EAT-LANCET berharap kamu bisa meminimalisasi sampah makanan, misalnya membagi sayuran untuk bisa dimakan per porsi atau memanfaatkan kuah kaldu daging untuk penambah rasa.

Dengan diet planet sehat ini, ternyata bukan hanya tubuh kamu yang lebih sehat karena mengonsumsi banyak buah dan sayur tetapi juga bikin bumi, planet kita hidup lebih sehat.

Recommended Articles