28

DEC 19

Tim writer GoodLife

Traveling Patungan Bareng Teman? Lakukan 5 Hal Ini

Mau jalan-jalan ke luar negri tapi keuangan lagi cekak? Patungan bisa jadi solusi. Hanya saja, ada hal-hal yang harus dilakukan sebelum memutuskan traveling patungan bersama teman atau kerabat. 

 

1.  Pilih partner yang cocok

Traveling bersama teman atau kerabat memang menyenangkan, tetapi ada syaratnya, lho. Pilih partner traveling yang memang benar-benar sudah kamu kenal. Apalagi jika kamu sepakat traveling patungan. Pastikan bahwa partner yang kamu ajak trevaling bareng memang sudah kamu kenal, terutama soal temperamen dan kebiasaan sehari-harinya, khususnya dalam hal keuangan. Jangan sampai, kamu pergi sama seseorang yang belum begitu kamu kenal yang ujung-ujungnya malah berantem terus saat berada di lokasi traveling.

 

2.  Bahas sebelum berangkat

Setelah yakin bahwa partner yang bakal traveling bareng ini cocok, bicarakan rencana patungan di awal jauh sebelum tanggal keberangkatan. Diskusikan biaya apa saja yang bakal ditanggung bersama yang ditanggung sendiri-sendiri. Misalnya akomodasi dan biaya makan ditanggung bersama, sementara tiket masuk ke lokasi tertentu ditanggung sendiri-sendiri. Hitung secara rinci berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan dan berapa biaya yang harus ditangging masing-masing. 

 

3.  Bawa uang tunai, jangan menggantungkan teman

Meskipun sekarang zamannya digital, termasuk dalam hal keuangan, dan semua serba mudah, uang tunai tetap diperlukan untuk hal-hal yang di luar dugaan. Misalnya kamu harus memberikan tips buat pengemudi taksi, staf hotel, membeli jajanan selama di perjalanan, dan sebagainya. Dan ingat, jangan menggantungkan urusan seperti ini kepada [apartner, sekalipun ia sahabat dekat. Jika taveling ke luar negri, siapkan mata uang lokal negara tujuan untuk keperluan yang sama.

 

4.  Catat semua pengeluaran

Ini sangat penting karena seringkali kita tidak rajin mencatat semua pengeluaran sejak berangkat hingga pulang dan akhirnya dibuat pusing saat hitung-hitungan. Mencatat pengluaran juga penting ketika kamu dan partner membuat semacam laporan keuangan. Gara-gara pengeluaran yang ta tercatat, bisa-bisa kamu dan partner ribut dan pertemanan menjadi terganggu.

 

5.  Ingat, tujuan traveling adalah untuk bersenang-senang

Sejak sebelum berangkat, kamu dan partner haus sepakat bahwa tujuan traveling bersama ini adalah utuk bersenang-senang, bukan malah untuk ribut. Apalagi jika, misalnya, penyebabnya hanya uang seribu atau dua ribu. Kamu dan partner travelingmu harus ingat ini setiap kali terjadi miskomunikasi, apalagi dalam ha pengeluaran atau bujet. 

TRAVELLING WISATA

Recommended Articles