19

FEB 20

Tim writer GoodLife

Segudang Manfaat Cuka Apel, dari Obat Jerawat Hingga Kram 

Cuka apel adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak khasiat, mulai dari kecantikan hingga kesehatan. Ketty Perry, Scarlett Johansson, hingga Kourtney Kardashian bahkan sudah lama merasakan ampuhnya cuka apel untuk menjaga kesehatan dan kecantikan mereka. Cuka apel sendiri sudah dikenal sebagai salah satu bahan pengobatan sejak zaman Yunani Kuno.

Cuka apel atau apple cider vinegar terbuat dari sari apel yang telah difermentasi dengan menambahkan ragi dan bakteri yang akan diubah menjadi alkohol. Kemudian dari hasil fermentasi ini tersisa komponen seperti asam asetat, asam gallic, katekin dan lain-lain.

Hal itu membuat cuka apel kaya akan mineral seperti kalium, natrium, klorida, kalsium, fosfor, magnesium, serta vitamin A, B, dan vitamin E. Dengan kandungan seperti itu, cuka apel memiliki banyak khasiat seperti berikut ini.

1.  Mengatasi Masalah Perut

Sifat antibiotik pada cuka apel bisa membantu mengatasi sakit perut karena diare atu infeksi bakteri. Kandungan pektin dalam cuka apel juga bisa menenangkan usus yang sakit.

Caranya, campurkan 1-2 sendok makan cuka apel di dalam air lalu minum.

 

2.  Redakan Sakit Tenggorokan

Saat merasa sakit untuk menelan, kamu bisa langsung menggunakan cuka apel untuk meredakannya. Cuka apel menciptakan lingkungan yang asam sehingga bisa membunuh kuman dan mencegah infeksi.

Caranya, campurkan ¼ cangkir cuka apel dengan ¼ cangkir air hangat. Lalu gunakan untuk berkumur setiap beberapa jam sekali.

 

3.  Menghilangkan Ketombe

Campurkan ¼ cangkir cuka apel dengan ¼ cangkir air. Lalu oleskan pada seluruh kulit kepala dan bungkus dengan handuk selama 15 menit hingga 1 jam. Kemudian cuci bersih rambut seperti biasa. Untuk hasil terbaik, lakukan secara rutin 2 kali seminggu.

Keasaman cuka apel bisa mengubah pH kulit kepala sehingga membuat ketombe sulit untuk muncul.

 

4.  Menghilangkan Jerawat

Gunakan cuka apel sebagai toner alami pada wajah. Sifat antibakterinya bisa membantu mengatasi masalah jerawat.

Kandungan asam malat dan laktat dalam cuka apel juga bisa melembutkan dan mengeksfoliasi kulit.

 

5.  Mengurangi Kram Kaki

Kram pada kaki seringkali sebagai tanda bahwa kamu kekurangan kalium. Cuka apel bisa menjadi pengobatan atas kekurangan kalium tersebut.

Caranya, campurkan 2 sendok makan cuka apel dan satu sendok teh madu ke dalam segelas air hangat. Minuman ini bisa kamu buat ketika merasa kram di malam hari.

 

6.  Menghilangkan Bau Mulut

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Prosthodontics menyimpulkan bahwa cuka apel memiliki sifat antijamur, khususnya terhadap peradangan selaput lendir mulut.

Jika mengalami bau mulut, kamu bisa berkumur dengan cuka apel yang sudah diencerkan dengan segelas air. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan napas yang segar.

 

7.  Mengontrol Gula Darah

Para ilmuwan menyimpulkan bahawa efek anti-glikemik dari cuka apel bisa membantu mengontrol gula darah.

Kamu bisa mencampurkan beberapa sendok cuka apel ke dalam minuman atau diteguk langsung.

Goodpeeps sudah ada yang merasakan manfaat cuka apel?

Recommended Articles