30

JUL 19

Tim writer GoodLife

Sarapan Praktis Tanpa Menguras Energi

Cukup 5 menit !

Banyak orang yang melewatkan sarapan karena terburu-buru berangkat kerja atau sekolah.

 

Padahal sarapan punya efek penting untuk menjaga stamina, mood, dan konsentrasi kita seharian lo.

Menurut Mayo Clinic, orang yang rutin sarapan akan memiliki berat badan yang terkontrol, gula darah stabil, dan akan lebih sedikit mengonsumsi lemak dan kolesterol.

Tapi supaya tercapai hal baik tadi terjadi, tentu menu sarapan juga harus yang sehat dan bergizi seimbang.

Lalu menu sarapan seperti apa yang sehat dan bergizi tetapi juga cara menyiapkannya praktis?

 

Kamu bisa contek 5 ide sarapan praktis berenergi berikut ini.

1.  Orak-Arik Telur

Penelitian menunjukkan bahwa memasukkan telur dalam menu sarapan bisa menjaga kadar gula darah, dan insulin dalam batas normal.

Kamu bisa membuat telur orak-arik yang dicampur dengan sosis atau dengan sayuran seperti wortel, jagung, jamur, atau bayam.

Jika ingin lebih kenyang, kamu juga bisa memasukkan orak-arik telur dalam setangkup roti gandum.

 

2.  Roti Gandum

Daripada roti putih, lebih baik kamu pilih roti gandum untuk sarapan. Roti gandum, yang dipanggang atau langsung dimakan, bukan hanya lebih sehat karena lebih banyak mengandung serat, tetapi juga membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Agar kandungan gizinya lebih komplet, kamu bisa makan roti gandung dengan keju dan sayuran seperti tomat atau selada.

 

3.  Yoghurt

Yoghurt juga terkenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Kamu bisa pilih plain yoghurt atau greek yoghurt. Selain bisa dimakan begitu saja, kamu juga menjadikannya sebagai toping dari semangkuk buah pepaya atau pisang.

Jika ingin kenyang lebih lama, kamu juga bisa menaruh yoghurt di atas oatmeal.

 

4.  Oatmeal

Oatmeal sudah terkenal sebagai menu sarapan yang sehat dan mengenyangkan. Kandungan seratnya yang tinggi dapat menghambat kolesterol jahat masuk ke dalam tubuh.

Rasa oatmeal memang hambar tetapi tetap bisa menjadi menu sarapan yang enak dan praktis. Kamu tinggal menambahkan semangkuk oatmeal dengan potongan buah kiwi, pisang, atau strawberi. Atau kamu juga bisa menambahkan telur sebagai topping-nya.

 

5.  Fruits Salad

Makan fruit salad sebagai menu sarapan juga sangat baik bagi kesehatan dan juga praktis. Kamu tinggal memotong-motong buah seperti pisang, pepaya, atau apel lalu beri topping yoghurt agar semakin segar.

Kamu juga bisa mencampurkan fruits salad dengan kismis kering dan perasan jeruk lemon.

 

So, enggak ada alasan lagi untuk melewatkan sarapan karena diburu waktu, kan? 5 ide sarapan praktis dan bergizi tadi bisa disiapkan hanya dalam waktu 5 menit.

 

Recommended Articles