26

FEB 20

Tim writer GoodLife

Manfaat Temulawak, Menurunkan Kolesterol Hingga Obat Maag

Temulawak termasuk rempah asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat.

Selain dipakai untuk bahan masakan, rimpang berwarna kuning ini juga ternyata berkhasiat bagi kesehatan. Temulawak mengandung beragam nutrisi seperti kurkumin, minyat atsiri, protein, serat, glukosida, antioksidan, kalsium, zat besi, hingga sodium.

Enggak heran jika temulawak bisa mengobati berbagai macam penyakit dan bisa memelihara kesehatan.

Mau tahu apa aja manfaat temulawak?

1.  Meningkatkan Fungsi Ginjal

Kandungan kurkumin pada temulawak bisa meningkatkan fungsi ginjal sehingga bisa bekerja dengan lebih baik. Ambil beberapa ruas temulawak lalu diparut atau dihaluskan. Campur dengan sedikit air lalu peras dan minum airnya. Kamu bisa tambahkan madu.

 

2.  Anti Peradangan

Kurkumin juga berkhasiat sebagai anti inflamasi atau anti radang dalam tubuh. Kamu bisa bakar temulawak lalu kupas kulitnya. Kemudian geprek dan didihkan dengan air panas lalu minum selagi hangat.

 

3.  Mengatasi Maag

Salah satu obat alami untuk sakit maag adalah dengan rutin minum temulawak. Kandungan kurkumin, monoterpen, dan sekuirtepen dalam temulawak ampuh menyembuhkan maag.

Cara membuat minuman temulawak, iris tipis temulawak lalu direbus dengan air. Setelah mendidih, diamkan hingga dingin lalu kamu bisa meminumnya secara teratur setiap hari.

 

4.  Menambah Napsu Makan

Temulawak sangat berkhasiat untuk menambah napsu makan terutama untuk anak-anak. Caranya rebus temulawak yang sudah dikupas lalu tambahkan gula jawa. Rebus hingga mendidih lalu diamkan. Berikan minuman ini pada orang yang ingin napsu makanannya bertambah untuk diminum setiap hari.

 

5.  Mengatasi Jerawat

Bukan hanya mengatasi jerawat, temulawak juga membantu mengecilkan pori-pori kulit sehingga menghambat munculnya jerawat baru.

Caranya rebus temu lawak hingga mendidih lalu ketika ingin diminum, kamu bisa campurkan dengan madu.

   

6.  Reumatik dan Asam Urat

Sifat anti inflamasi dan anti peradangan yang dimiliki temulawak bisa berkhasiat untuk meredakan sakit karena reumatik dan asam urat.

Caranya rebus temu lawak bersama herbal lainnya, yaitu kunyit dan kumis kucing. Setelah mendidih dan dingin, kamu bisa minum setiap hari untuk hasil yang maksimal.

 

7.  Mengontrol Kolesterol

Kurkumin dan senyawa aktif dalam temulawak bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik sehingga bisa mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Rebus temulawak lalu minum airnya secara teratur setiap hari.

Namun yang penting harus kamu catat, untuk membuat ramuan temulawak sebaiknya menggunakan tungku dari tanah liat agar kandungan dalam temulawak masih tetao terjaga.

Recommended Articles