10

JAN 20

Tim writer GoodLife

Bikin Ramuan Perawatan Rambut Sendiri Dengan Minyak Zaitun 

Olive oil atau minyak zaitun sudah sejak lama terbukti bisa membantu merawat dan menyehatkan rambut dan kulit. Meski tak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa minyak zaitun bisa menyuburkan rambut, tetapi sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa minyak (minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak jojoba) memang punya peran penting menjaga rambut dari kerusakan dan ketombe.

Kandungan omega-3, asam lemak, dan antioksidan pada minyak zaitun terbukti membantu menghaluskan dan memperkuat rambut, mencegah kusam, serta mencegah rambut pecah-pecah. Nah, ada cara mudah untuk membuat sendiri ramuan minyak zaitun untuk merawat rambut, seperti di bawah ini.

1.  Campurkan madu untuk cegah rontok

Kombinasi madu yang sedikit lengket dan minyak zaitun sangat bagus untuk mengatasi rambut berminyak. Memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan, masker rambut ini akan menjaga kelembabapan rambut serta megurangi rambut rontok.

Ambil 3 sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan madu, campur hingga rata. Cuci rambut dengan sampo dan biarkan kering sebelum memakai ramuan minyak zaitun dan madu tadi. Tutup rambut dengan penutup kepala dari plastik dan biarkan selama 30-90 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keramas seperti biasa. Gunakan ramuan ini 2 kali seminggu (rambut kering) dan sekali seminggu (rambut berminyak).

 

2.  Pisang atasi rambut rusak

Pisang sangat baik untuk sarapan. Tapi tak hanya itu, kandungan antioksidan dan potasiumnya juga bisa mencegah rambut rontok, sementara minyak zaitun mencegah rambut kering.

Ambil pisang yang sudah matang, kupas dan potong-potong dagingnya, lalu blender. Tambahkan satu sendok makan minyak zaitun lalu blender lagi hingga halus. Gunakan ramuan ini pada rambut, lalu tutup dengan penutup kepala plastik. Tunggu sekitar 30 menit, lalu pakai kondisioner. Gunakan sekali seminggu, khususnya bagi rambut kering dan rambut rusak.

 

3.  Avokad bikin rambut berkilau

Avokad kaya asam lemak, antioksidan, serta vitamin A, B, dan E. Avokad bisa membuat rambut berkilau, lembut, serta mudah diatur. Gunakan avokad matang, ambil dagingnya dan hancurkan hingga halus. Tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun (dan madu jika perlu) lalu campurkan hingga rata dan halus. 

Keramas dengan sampo sebelum memakai ramuan ini, lalu tutup kepala dengan penutup selama sekitar 45 menit. Setelah itu, keramas dengan ondisioner seperti biasa. Ramuan ini sangat bagus untuk rambut kering dan rambut rusak, cukup sekali seminggu atau sekali sebulan.

 

4.  Telur bikin rambut jadi subur

Kandungan protein dan nutrisi pada telur sangat baik untuk menyuburkan rambut serta mencegah rambut kusam. Kuning telurnya sangat bagus untuk memperbaiki rambut rusak,  sementara enzim pada putih telurnya membantu membuang minyak yang berlebih. Telur juga cocok dengan semua jenis rambut.

Campurkan dua kuning telur (untuk rambut kering), 2 putih telur (rambut berminyak), serta satu butir telur untuk rambut normal. Campur dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Bisa juga ditambahkan yogurt atau jus lemon untuk memperkuat rambut. 

Setelah keramas, gunakan ramuan ini secara merata, khususnya pada bagian rambut yang bermasalah, lalu biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air dan keramas seperti biasa sampai kering. Gunakan seminggu sekali. 

 

Selamat mencoba~

MINYAK ZAITUN SKIN CARE PERAWATAN RAMBUT DIY

Recommended Articles