07

JAN 20

Tim writer GoodLife

8 Buah Ini Kadar Air Tinggi Dan Rendah Kalori

Di jam-jam rawan sebelum makan siang atau makan malam, camilan sehat sangat diperlukan. Coba, yuk, ngemil buah-buahan yang tinggi air dan rendah kalori berikut ini!

Sudah lama di depan monitor, malah nggak fokus apa yang mau dikerjakan. Mungkin gara-gara pekerjaan kamu terlalu banyak. Atau, coba ingat-ingat sudahkah kamu cukup minum air putih? 

Air diperlukan agar tubuh tidak dehidrasi dan metabolisme bisa berjalan lancar. Kekurangan air menyebabkan cairan tubuh tidak seimbang, dan kita cenderung tidak bisa fokus atau berkonsentrasi. 

Selain mengonsumsi air putih 8 gelas per hari, kandungan air yang tinggi juga bisa kamu dapatkan pada beberapa jenis buah-buahan. Cocok banget buat camilan sehat sambil menunggu waktu makan siang datang.

1.  Semangka

Panas-panas segar banget ngemil potongan semangka dingin. Kandungan air pada buah ini sangat tinggi, sebanyak 92%. Sedangkan kalorinya sangat rendah, hanya 30 kkal per 100 gram.

Nutrisinya pun beragam, salah satunya kaya lycopene, sejenis fitonutrien yang efektif meningkatkan imunitas dan melawan radikal bebas termasuk sel-sel kanker. Kandungan serat semangka baik untuk melancarkan pencernaan. Selain itu mengandung vitamin A, C, dan B6. 

 

2.  Jeruk

Selain tinggi vitamin C, kandungan air pada jeruk mencapai 87% dan rendah kalori. Seratnya baik untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan kolesterol. 

Jeruk juga mengandung vitamin A dan B6, kalsium, magnesium. Sedangkan fitokimia limonoid pada jeruk aktif mengurangi risiko kanker.

 

3.  Nanas

Dengan kandungan air 87% buah dengan cita rasa asam segar ini  memiliki dua kandungan serat, larut dan tidak larut, sehingga mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan alergi. 

Nanas kaya vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit dan vitamin A untuk mengurangi degenerasi makula. Kalorinya pun rendah, sekitar 43 kkal per 100 gram. Dibuat jus atau campuran salad segar banget, lho!

 

4.  Melon Merah

Dibanding buah melon berdaging putih, rasa melon merah lebih manis sehingga banyak digemari. Kadar airnya juga sangat tinggi, sekitar 90%.

Melon merah merupakan sumber vitamin C untuk booster imunitas, potasium untuk menormalkan tekanan darah, betakaroten untuk kesehatan mata, serta rendah kalori sehingga cocok untuk camilan diet.

 

5.  Jeruk Bali

Meski terkesan padat, buah ini ternyata termasuk salah satu buah paling sehat dengan kandungan air tinggi, yaitu 91% dan rendah kalori. Rasanya perpaduan asam, manis, dan sedikit pahit. Cocok dimakan langsung atau untuk campuran rujak..hmm!

Jeruk bali kaya antioksidan yang memperlambat proses penuaan hingga melawan sel-sel kanker. Seratnya pun tinggi sehingga bisa membebaskan kamu dari keluhan sembelit. 

 

6.  Mentimun

Kalori dalam 100gram mentimun hanya 10 kkal dan kandungan airnya mencapai 96%. Cocok dikonsumsi saat cuaca panas yang berpotensi membuat tubuh dehidrasi. Dimakan langsung, dibuat smoothies dengan campuran jeruk nipis, atau dibuat es serut juga menarik!

Manfaat mentimun pun tidak sedikit. Air mentimun membantu mendetoks racun dari tubuh, flavonoidnya meningkatkan fungsi pencernaan, bahkan bisa digunakan sebagai masker wajah untuk memperbaiki elastisitas kulit dan warna kulit yang tidak merata.

 

7.  Belimbing

Buah tropis nan segar ini mengandung 91% air dan rendah kalori. Cocok untuk kamu yang sedang menjaga berat badan. Belimbing juga kaya serat yang memudahkan penurunan kolesterol total, antioksidan alami, magnesium, fosfor, betakaroten, asam L-askorbat, vitamin C dan A. Selain itu, kamu yang tekanan darahnya tinggi bisa mengonsumsi belimbing karena mengandung potasium untuk menyeimbangkan tekanan darah. 

Namun, kamu yang menderita gangguan ginjal sebaiknya membatasi konsumsi belimbing sebab kandungan asam oksalatnya bisa menumpuk pada tubuh dan ginjal yang kurang sehat tidak mampu membuangnya dari tubuh.

 

8.  Tomat

Suka jus tomat atau potongan tomat sebagai salad? Tomat ternyata mengandung 94% air sehingga cocok untuk menghindari tubuh dari dehidrasi. Vitamin A tomat melindungi mata dari penurunan penglihatan. Sedangkan fitokimia Lycopene-nya memperkecil risiko kanker. 

Konsumsi harian tomat yang diperkaya potesium juga mampu menormalkan tekanan darah tinggi. Selain dimakan, kamu juga bisa lho membuat masker tomat untuk mengatasi kulit wajah yang kering.

Wah, ternyata banyak cara untuk membuat tubuh tetap terhidrasi. Buat kamu yang kurang suka air putih, mengonsumsi buah-buahan berkadar air tinggi bisa jadi salah satu alternatif. Let’s eat your water!

NUTRISI BUAH SEHAT BUAH KADAR AIR TINGGI

Recommended Articles