07

FEB 20

Tim writer GoodLife

Siapa Bilang Penderita Diabetes Nggak Boleh Makan Seafood?

Ada beberapa macam seafood yang justru baik dikonsumsi para penderita diabetes. Kuncinya, cukup gunakan sedikit bumbu dan masak dengan cara dipanggang.

Selain rasanya enak, seafood kaya protein, lemak baik, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh dan cocok dikonsumsi para penderita diabetes. Para pakar diabetes juga menyarankan untuk rutin mengonsumsi ikan demi kesehatan kardiovaskuler.

“Seafood merupakan sumber protein yang baik, namun catatannya harus diolah dengan cara yang tepat, yaitu dipanggang bukan digoreng dengan minyak banyak. Juga tidak terlalu banya menggunakan bumbu, terutama garam, karena seafood sudah punya rasa alami yang enak,” ujar Cassandra Rico, MPH, RD dari American Diabetes Association. 

Mau tahu apa saja seafood yang baik untuk penderita diabetes?

1.  Salmon 

Salmon kaya asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, kulit, otak. Omega 3 juga membantu mengurangi komplikasi akibat diabetes seperti peradangan, jantung, dan hipertensi.

Masaklah salmon dengan cara yang sehat seperti kukus, rebus atau panggang tanpa menambahkan terlalu banyak bumbu. Cukup dengan sedikit minyak zaitun, garam, merica hitam, daun dill, dan lemon. 

American Diabetes Association Standards of Medical Care Diabetic menganjurkan diabetisi untuk mengonsumsi ikan beromega 3 2 kali seminggu. Jika salmon terlalu mahal, kamu bisa menggantinya dengan tuna, makarel, atau sarden.

2.  Nila

Nila laut atau tilapia kaya protein, murah, dan mudah diolah. Nila juga kaya asam lemak omega 3 dan omega 6, serta membantu merespons insulin untuk menurunkan kadar gula darah.

Saran Rico, jangan memasak daging nila terlalu lama, karena teksturnya yang tipis mudah hancur. Gunakan cooking spray untuk mengurangi penggunaan minyak.  “Kamu bisa coba bikin saute nila yang simpel, tambahkan saus salsa. Sajikan dengan pelengkap, seperti sayuran kukus dan nasi merah,” ujar Rico.

3.  Udang

Banyak diabetisi menghindari udang karena tinggi kolesterol dibanding seafood lain. Tapi ternyata udang rendah kalori, kaya asam lemak omega 3 dan yodium yang juga berguna mengontrol gula darah bagi para diabetisi. 

Jadi, menurut Rico, diabetisi boleh mengonsumsi udang 1 kali seminggu atau 1 kali per dua minggu dalam porsi tidak berlebihan. “80-100 gram udang mengandung kolesterol sama dengan sebuah telur,”jelas Rico.

4.  Cod

Seperti nila, daging ikan cod berwarna putih, namun dagingnya bisa dimasak lebih lama dengan bumbu yang lebih banyak. Marinate daging ikan cod sebelum dimasak agar bumbnya lebih menyerap. Sebaiknya buatlah bumbu marinate sendiri karena bumbu marinate instan biasanya tinggi gula atau garam.

5.  Trout

Trout rainbow adalah jenis trout yang tinggi kandungan asam lemak omega 3. Coba, deh, panggang trout cukup dengan sedikit garam atau perasan lemon. Rasanya, juara!

6.  Tiram

Tiram bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung pada penderita diabetes tipe 2. Jangan memasak tiram terlalu lama dan cukup gunakan daun salam dalam air rebusan untuk menggantikan garam.

7.  Ikan Kaleng

Jika harga tuna, sarden, atau salmon segar terlalu mahal, kamu bisa menggantinya dengan kemasan kaleng. “Sebaiknya pilih tuna, sarden, atau salmon kaleng yang di dalam air ketimbang minyak. Pilih juga yang rendah garam. Cocok sebagai isian sadwich atau toping salad. Campur dengan sedikit yoghurt atau mustard,” kata Rico.

Dengan porsi, bumbu dan cara pengolahan yang tepat, seafood pun bermanfaat bagi para diabetisi. Yuk, share informasi ini pada teman atau keluarga kamu yang memerlukan!

Recommended Articles