17

JAN 20

Tim writer GoodLife

Demi Body Goal 2020, Pilih Makanan Rendah Gula Ini, yuk!

Ternyata lemak bukan satu-satunya yang harus dihindari saat kamu dalam program diet. Memilih makanan berkadar gula rendah juga penting untuk menjaga berat badan. “Makan buah-buahan dan sayuran aja, biar sehat dan berat berat badan cepat turun!” Hmmm..buah-buahan dan sayuran memang sehat, sih, tetapi ternyata banyak juga yang kadar gulanya tinggi sehingga tanpa sadar bisa mengatrol berat badan kamu. 

Itu sebabnya kita harus tahu makanan-makanan apa saja yang berkadar gula rendah. Dengan kadar gula terkontrol, program penurunan berat badan juga akan lebih berhasil. Yuk, cek list makanan-makanan rendah gula berikut ini!

1.  Buah Beri

Keluarga buah beri, seperti stroberi, blackberry, raspberry mengandung kadar gula rendah, yaitu sekitar 4-7 gram per 150 gram. Sedangkan blueberry kadar gulanya lebih tinggi sekitar 15 gram per 150 gram.

2.  Avokad

Banyak orang menghindari avokad saat diet karena kadar lemaknya tinggi. Padahal yang terkandung dalam avokad adalah lemak sehat. Selain itu kandungan gula pada avokad sangat rendah, hanya 0,7gram per 100 gram. Tapi makannya jangan ditambah gula atau susu, ya.

3.  Daging Segar

Selama tidak diproses menjadi makanan kemasan, daging sapi, domba, kambing, dan ayam tidak mengandung gula. Jadi buat kamu yang sedang diet rendah gula, lebih baik nikmati daging segar tanpa lemak dengan pengolahan dan bumbu sederhana.

4.  Sayuran Tertentu

Hindari kentang dan labu karena kandungan gula alaminya tinggi. Pilih sayuran berkadar gula rendah seperti brokoli, kol, terong, kubis, asparagus, selada, lobak, bayam, buncis, mentimun, dan seledri. Rata-rata sayuran tersebut hanya mengandung gula 1 gram per 100 gram beratnya. Nggak heran sayuran-sayuran ini direkomendasikan sebagai camilan penderita diabetes.

5.  Kiwi Hijau

Selain kaya vitamin C, kiwi hijau mengandung sedikit gula. Dalam 100 gram buah kiwi hijau hanya terdapat 9 gram gula. Sedangkan vitamin C-nya 92,7 mg berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh.

6.  Almond

Dalam jurnal Metabolism Clinical and Experimental tertulis mengonsumsi 2 ons almond bisa menurunkan kadar insulin sekaligus mengontrol gula darah dalam tubuh. Nggak heran demikian karena almond memang rendah gula. Dalam 100 gram almond hanya mengandung 4,8 gram gula. 

Namun jika sedang dalam program diet, kamu harus tetap membatasi konsumsi almond sekitar 30 gram sehari karena kalorinya cukup tinggi. Pilih almond tanpa tambahan gula atau garam. Selain rendah gula, almond juga kaya vitamin, mineral, protein, lemak sehat, serat, dan rendah karbohidrat.

7.  Semangka

Buah dengan kadar air sekitar 90% ini ternyata punya kandungan gula rendah. Cocok buat dijadikan camilan tanpa risiko berat badan nambah. Dalam 100 gram semangka hanya mengandung 6 gram gula.

 

Setelah tahu makanan-makanan apa saja yang berkadar gula rendah, tentu kita jadi lebih bisa selektif memilih makanan sesuai kebutuhan tubuh kita, kan, Goodpeeps. So, body goal 2020 bisa cepat jadi kenyataan, nih!

Recommended Articles