11

JAN 20

Tim writer GoodLife

Makanan Zero Calorie, Membantu Menjaga dan Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang lagi program penurunan berat badan, biasanya sangat memperhatikan kandungan kalori dalam makanan yang dkonsumsi. Tentu, pilihan makanan yang dipilih adalah yang rendah kalori atau bahkan zero calorie.

Makanan yang dianggap zero calore biasanya bukan benar-benar tak ada kandungan kalori sama sekali. Tapi jumlah kalori yang ada di makanan tersebut lebih kecil dari kalori yang dikeluarkan tubuh untuk mencerna makanan tersebut.

Misalnya jamur hanya memiliki 5 kalori tetapi tubuh kamu mengeluarkan 10 kalori untuk mencernanya. Itulah yang disebut makanan nol kalori. Berikut ini makanan rendah kalori yang jumlah kalorinya bisa diabaikan karena sudah dibuang untuk mencernanya. 

Apa saja makanan zero colorie?

1.  Apel

Satu cangkir irisan buah apel (125 gram) mengandung 57 kalori dan 3 gram serat makanan. Namun sebaiknya jika kamu mengonsumsi apel harus langsung dihabiskan, sebab vitamin C yang terkandung tidak bisa terlalu lama terpapar sinar matahari.

2.  Asparagus

Dalam satu cangkir asparagus (134 gram) hanya memiliki 27 kalori dan kaya akan vitamin K dan folat. Sehingga bagus untuk mencegah  penyakit jantung.

3.  Brokoli

Brokoli adalah salah satu zayuran paling bergizi dan membantu melawan kanker. Dalam 91 gram, brokoli hanya mengandung 31 kalori dan kaya akan vitamin C.

4.  Wortel

Satu cangkir wortel (128 gram) hanya mengandung 53 kalori dan kaya akan vitamin B dan A, yang bagus untuk menjaga kesehatan mata

5.  Seledri

Seledri sudah lama terkenal sebagai sayur yang mengandung serat dan kandungan air yang tinggi. Nggak heran, dalam 110 gram seledri cincang hanya mengandung 18 kalori.

6.  Mentimun

Kandungan air dalam mentimun sangat tinggi sehingga kalori yang dikandungnya pun cukup rendah. Dalam 52 gram irisan mentimun hanya memiliki 8 kalori.

7.  Lemon atau Jeruk Nipis

Penelitian menunjukkan bahwa jus lemon memiliki senyawa yang bersifat sebagai anti oksidan untuk menangkal penyakit dalam tubuh. Satu ons cairan lemon atau jeruk nipis (30 gram) hanya memiliki 8 kalori.

8.  Pepaya

Buah tropis ini kaya akan vitamin A dan sumber kalium yang baik. Dalam satu cangkir (140 gram) papaya hanya memiliki 55 kalori. Serat yang tinggi dan kadar air dalam buah pepaya dapat mengisi dan membantu membuat perut tetap merasa kenyang.

9.  Stroberi

Buah yang manis asam ini bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung. Dalam satu cangkir stroberi (152 gram) hanya terdapat kurang dari 50 kalori.

10.  Bayam

Dalam satu cangkir bayam (30 gram) hanya mengandung 7 kalori. Selain itu, bayam juga kaya akan vitamin K, A, dan folat sehingga sangat bagus bagi kesehatan.

11.  Tomat

Satu cangkir tomat (149 gram) tomat memiliki 27 kalori. Selain itu, tomat juga memgandung senyawa likopen yang bisa melindungi kanker, peradangan, dan penyakit jantung.

12.  Selada Air

Dalam 34 gram selada air hanya mengandung 4 kalori, vitamin K, A, dan C. Selain itu salada kaya akan serat dan selulosa, selain membuat kenyang serat juga baik untuk pencernaan agar lancar.

13.  Semangka

Buah yang lezat dan menyegarkan ini kaya akan vitamin C. Dalam satu cangkir potongan semangka (152 gram) hanya mengandung 46 kalori. Dengan kandungan kalori yang rendah, kamu bisa makan sepuasnya makan di atas tanpa rasa bersalah dan khawatir menambah berat badan.

ZERO CALORIE DIET RENDAH CALORIE FIT & DIET DIET DAN POLA MAKAN

Recommended Articles