15

JAN 20

Tim writer GoodLife

Enak sih, Tapi Ini Kandungan Kalori dari Kopi Favorit Kamu

Minum kopi kini bukan lagi hanya rutinitas di pagi hari. Terkadang, dalam satu hari kita merasa tak cukup hanya meminum satu cangkir. Meski di pagi hari sudah memulai hari dengan secangkir kopi, rasanya masih ada yang kurang saat sore hari jika nggak ngopi.

Paling enak memang meeting sambil ngopi atau hang out bareng teman di kedai-kedai kopi kekinian. Jika selama ini kamu cuek dengan jumlah kalori dari kopi favorit kamu, yuk mulai perhatikan lagi. Apalagi untuk kamu yang dalam program penurunan berat badan, mengetahui jumlah kalori dari kopi yang kamu minum bisa sangat membantu lho.

Kamu jadi bisa menghitung jumlah kalori harian yang sudah kamu santap. Berikut ini kandungan kalori dari beberapa jenis kopi yang biasanya jadi favorit anak milenial.

1.  Espresso

Espresso disajikan tanpa susu atau campuran apapun sehingga kandungan kalorinya terbilang yang paling sedikit diantara jenis kopi lainnya. Satu shot espresso mengandung 80-100 mg kafein, 5 kkal, serta 0 gr gula, lemak, dan nutrisi. Buat kamu yang ingin menjaga berat badan, espresso adalah pilihan yang tepat.

 

2.  Cappucino

Cappuccino adalah minuman tradisional Italia dengan ciri khas lapisan foam susu di atasnya dengan garnish bubuk cokelat. Capucinno adalah campuran espresso dan susu, bisa susu full cream atau low fat, dengan takaran yang sama untuk kopi dan susunya.

Dengan adanya tambahan tadi, dalam segelas cappuccino terdapat 6 gr protein, 6 gr lemak, dan 75 mg kafein. Jumlah kalorinya berkisar 150 kkal jika menggunakan susu full cream dan 95 kkal jika menggunakan susu low fat.

Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan mungkin minuman ini kurang cocok, tapi karena kandungan susunya tinggi bisa menjadikan cappucino sebagai sumber protein dan kalsium yang baik untuk tulang.

 

3.  Latte

Sama seperti capucinno, latte juga adalah campuran espresso dan susu. Namun perbandingannya lebih banyak susu. Perbandingan antara susu dan kopi pada latte ini adalah 2:1.  Dengan kira-kira 220 ml susu tanpa gula, latte mengandung 120 kkal dengan tambahan 16 kkal per sendok teh gula. Karena ada tambahan susu dan gula pada kopi, jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan kegemukan juga. Kamu bisa menyiasatinya dengan susu rendah kalori dan less sugar.

 

Enjoy your coffe then~

HIDUP SEHAT KOPI LATTE CAPPUCINO LATTE

Recommended Articles