30

JUL 19

Tim writer GoodLife

Siapa Bilang Cowok Itu Tidak Perlu Perawatan Wajah ?

Real men take care of their skin.

Masih banyak pria yang beranggapan bahwa perawatan kulit rutin hanya menghabiskan waktu saja. Well, kamu harus mulai membuang jauh-jauh mitos kuno ini. Tak rumit, kok, merawat kulit wajah. Cukup perawatan dasar yang mudah, sederhana, dan tak memakan banyak waktu. Tak perlu juga ke salon atau klinik perawatan kulit. Cukup lakukan perawatan dasar tadi di rumah setiap pagi dan malam sebelum tidur. Berikut ini 5 tipsnya.

 

1.   Cuci Wajah Sebelum Tidur 

Terkadang kita tak sempat atau malas membersihkan wajah sepulang dari aktivtas seharian yang melelahkan. Penginnya cepat-cepat merebahkan tubuh di tempat tidur. Tapi ingat, kulit wajah yang kotor dan tidak dibersihkan setelah beraktivitas bisa rusak dan memicu munculnya jerawat. 

Jadi, luangkan waktu untuk membersihkan wajah sebelum tidur. Bersihkan dengan pembersih wajah, lalu gunakan pelembab. Pelembab inilah yang akan bekerja pada saat kita tertidur pulas. Mereka akan membersihkan dan mengganti sel-sel kulit-kulit yang mati dengan sel-sel kulit yang baru

 

2.   Tidur cukup 

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Hindari tidur larut malam kecuali memang ada hal penting yang harus dikerjakan. Pada saat tidur, kulit akan bekerja memperbaiki diri dan melakukan regenerasi. Kebutuhan tidur rata-rata orang normal adalah 8 jam sehari. Kurang dari itu bisa berpengaruh terhadap proses regenerasi kulit dan berakibat kulit rusak serta muncul kantung mata hitam.

Tak cuma itu. Kekurangan tidur secara tidak langsung juga bisa menyebabkan jerawat karena meningkatnya kadar hormon kortisol. Peningkatan hormon kortisol ini akan memicu kelenjar sebum untuk memproduksi lebih banyak minyak.

 

3.   Pakai Scrub 2 Kali Seminggu 

Seperti halnya bagian tubuh lain, kulit juga akan menua sehingga kulit-kulit mati dan bisa menghambat pori-pori. Gunakan scrub 2 kali seminggu agar kulit mati terkelupas, mencegah timbulnya jerawat, serta menjaga agar kulit tetap segar dan sehat. Tapi, jangan terlalu sering memakai scrub wajah. Pasalnya kulit yang terlalu sering terkelupas, misalnya lebih dari 2 kali seminggu, bisa menjadi kering dan malah memicu timbulnya jerawat. 

 

4.   Gunakan Pelembab 

Kulit kering bisa dicegah dengan memakai pelembab. Pelembab dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik sehingga mencegah pori-pori tertutup. Pilih pelembab dengan SPF rendah untuk melindungi kulit dari sinar UV tanpa menyebabkan kulit jadi berminyak.

 

5.   Hindari Gula 

Gula tidak baik karena bisa menyebabkan kulit wajah berjerawat dan rusak. Tak hanya gula yang harus diperhatikan. Semua makanan tinggi kadar glikemik yang harus diubah menjadi glukosa pun bisa menyebabkan kadar insulin meningkat sehingga menyebabkan inflamasi.

Glukosa juga bisa menyebabkan produksi radikal bebas meningkat. Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Clinical Endocrinology melaporkan bahwa kelebihan kadar gula di dalam darah bisa memicu produksi radikal bebas di dalam tubuh sehingga menyebabkan inflamasi.

 

Recommended Articles