18

FEB 20

Tim writer GoodLife

Makanan Ini Sangat Baik Untuk Turunkan Kolesterol

Salah satu cara untuk mencegah atau menurunkan kadar koleseterol adalah dengan konsumsi makanan yang kaya protein.

Kolesterol sebetulnya diperlukan oleh tubuh. Namun bila kadar kolesterol di dalam tubuh terlalu tinggi, ia akan menumpuk di dalam pembuluh darah sehingga mengganggu aliran darah dan memicu penyakit kardioaskuler seperti stroke dan serangan jantung.

Langkah utama yang bisa dilakukan untuk mencegah kolesterol tinggi adalah pola hidup sehat. “Pencegahan lini pertama untuk semua penyakit metabolik adalah menjalani pola hidup sehat,” kata kata dr. Apriliana Adyaksari, Sp.PD, M.Kes., spesialis penyakit dalam dari RS Medika Permata Hijau, Jakarta. “Diet rendah lemak, rendah garam, kurangi kafein dan nikotin, karena semua ini berpengaruh terhadap peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.” 

Agar lemak bisa dimetabolismekan dengan baik oleh tubuh, dibutuhkan protein yang cukup. “Protein memiliki sifat sebagai transporer atau pembawa lemak. Jika protein di dalam tubuh kurang, maka metabolisme lemak akan tidak maksimal sehingga menyebabkan kadar kolesterol menjadi tinggi,” lanjut April.

Misalnya, pada orang dengan sindrom nefrotik atau kerusakan ginjal, kadar protein di dalam tubuhnya berkurang banyak. “Kadar kolesterolnya pasti tinggi karena tidak bisa diolah di dalam darah dan di sel hati,” jelas April. “Jadi,orang yang kadar protein di dalam tubuhnya rendah, pasti kolesterolnya tinggi.”

Oleh karena itu, lanjut April, yang dikejar adalah kecukupan protein. Sebaiknya konsumsi makanan-makanan yang tinggi protein seperti ikan yang mengandung Omega-3, putih telur, kacang-kacangan, hati ayam, minyak ikan, dan sebagainya. “Misalnya ikan kerapu atau ikan dori di-steam, lalu kuahnya diminum. Perbanyak juga buah dan sayur. Jika kadar protein baik, maka transporter pun akan bekerja baik sehingga lemak akan dimetabolisme dengan baik juga,” jelas April.

Recommended Articles