17

FEB 20

Tim writer GoodLife

Bangun Tidur Merasa Lelah, Mungkin Ini Sebabnya

Bangun tidur, kok, masih merasa lelah? Kenapa ya?

Penyebab seseorang merasa ngantuk atau lelah, tidak awake alias drowsy terus, bahkan ketika bangun tidur? Menurut dr. Apriliana Adyaksari, Sp.PD, M.Kes., spesialis penyakit dalam dari RS Medika Permata Hijau, Jakarta, penyebab yang pertama adalah karena konsumsi obat-obatan yang memiliki kandungan tertentu, sementara penyebab kedua yang paling sering ditemukan adalah gangguan irama sirkadian tubuh.

Obat-obatan seperti obat antikejang, antihistamin, antigatal, atau obat flu bisa membuat seseorang jadi mengantuk atau merasa lelah terus. Sementara jam kerja shift akan membuat irama sirkadian tubuh terganggu, malam hari yang normalnya untuk beristirahat, justru digunakan untuk beraktivitas. “Malam jadi siang, siang jadi malam, sel-sel tubuhnya pasti teriak butuh regenerasi. Akibatnya, siang hari dipakai untuk tidur terus, seperti bayar hutang,” lanjut April.

Penyebab lain seseorang jadi merasa mengantuk atau lelah setelah bangun tidur adalah kekurangan tidur akibat gaya hidup tak sehat (sedentary life style), obstructive sleep apnea akibat penyakit metabolik atau obesitas, dan lainnya.

Yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebab pasti kenapa mudah mengantuk atau lelah, bahkan setelah bangun tidur. Jika penyebabnya karena faktor kerja shift, maka harus diatur lagi jadwal kerja shiftnya. “Kalau bisa jarak antar-shiftnya tidak terlalu dekat. Misalnya 3 bulan shift pagi, 3 bulan berikutnya baru shift malam,” jelas April. Kurangi atau hentikan juga konsumsi obat-obatan tertentu. 

Jika penyebabnya obstructive sleep apnea karena obesitas, sebaiknya perbaiki pola makan dan gaya hidup. “Kurangi atau hentikan konsumsi alkohol, kafein, nikotin, dan karbohidrat. Kopi misalnya, hanya boleh 2 cangkir atau sekitar 20mg per hari,” lanjut April. “Cek kualitas tidur, jangan terlalu banyak tidur atau oversleep juga.” 

Recommended Articles