21

JAN 20

Tim writer GoodLife

Saat Sakit, Ini Tips Makan yang Benar Agar Cepat Sembuh

Saat sakit, biasanya nafsu makan akan ikut menurun. Padahal, saat itu tubuh justru membutuhkan asupan nutrisi dan gizi untuk melawan penyakitnya. Oleh karena itu, sebaiknya tetap usahakan untuk memenuhi asupan gizi dan kalori selama sakit.

Lalu makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi saat sakit agar lekas sehat kembali?

Menurut Dr. dr. Dwi Susilowati, Msc, IBCLC, SpGK, tidak ada makanan khusus yang harus dikonsumsi saat sakit. “Cukup minum air putih yang banyak, makan teratur, kemudian usahakan ada vitamin C-nya yang diambil dari buah-buahan,” kata Dwi. Dengan makan teratur diharapkan tetap memenuhi kebutuhan gizi dan kalori harian.

“Jadi makan 3 kali yang lengkap, ada karbohidrat, protein, fat secukupnya, kemudian sayur dan buah-buahan yang memadai. Tapi kalau orang sakit kan biasanya enggak enak makan, kamu bisa pisah-pisah dalam porsi kecil dan tambahkan snack 2 kali di antara waktu makan.”

Untuk buah, Dwi menyarankan pilih buah yang berwarna segar seperti jeruk, mangga, apel, anggur, pepaya, melon, atau pisang.

“Kenapa pilih yang berwarna karena biasanya buah yang berwarna kadar vitamin C dan seratnya tinggi tapi ada juga yang berwarna pucat punya vitamin C dan serat tinggi seperti sirsak.”

Untuk makan buah, Dwi juga menyarankan dimakan utuh dengan cara dikunyah.

“Kalau misalnya kondisi sakit tidak memungkinkan, ya it’s okay dijus, tapi kalau masih bisa mengunyah, sebaiknya makan the whole fruit karena semua vitamin, mineral dan seratnya kita makan tanpa terbuang lewat ampas. Selain itu, mengunyah juga bagus untuk meningkatkan aliran darah ke otak serta bisa membersihkan gigi dan gusi,” jelas Dwi.

Makanan apa yang sebaiknya dipantang saat sakit?

“Kalau tidak ada (kondisi sakit) yang luar biasa, apa saja bisa dimakan sepanjang bersih. Kan saat itu tubuh butuh asupan gizi untuk cepat sembuh. Tapi makanan yang terjaga kebersihannya, cara membuatnya juga bersih. Jadi everything dimakan aja. Tapi kalau ada sakit-sakit tertentu, nah itu harus dicek lagi,” pungkas Dwi.

Recommended Articles