21

FEB 20

Tim writer GoodLife

Ide Camilan Di Malam Hari Yang Aman Untuk Berat Badan

Kamu terpaksa begadang demi menyelesaikan tugas kantor. Atau memang nggak bisa tidur karena insomnia. Semakin malam, perut pun terasa keroncongan. Ngemil apa, ya, yang aman di malam hari?

Terjaga hingga larut malam dalam kondisi harus mengerjakan laporan kerja atau tugas kampus yang nggak ada habisnya, memang sangat menguras energi. Tubuh pun ‘teriak’ butuh asupan agar otak tetap bisa fokus. Alhasil, tangan pun kerja bergantian, ya mengetik keyboard laptop sambil terus mengosongkan stoples cookies, keripik, atau cokelat di samping.

Kalau begitu caranya, tugas kantor mungkin selesai tepat waktu tetapi berat badan juga bisa melambung dengan cepat karena banyak ngemil malam hari. Apalagi jika kamu mengerjakan tugas dalam kondisi emosi, marah atau kesal misalnya, bisa-bisa camilan yang dibutuhkan bertambah banyak untuk mengalihkan rasa kesal tersebut.

Sebenarnya bukannya nggak boleh ngemil di malam hari, apalagi jika kondisinya tubuh kamu memerlukan energi tambahan. Jika menahan lapar, kamu juga malah tidak bisa konsentrasi dan saat harus tidur menjadi tidak nyenyak karena kelaparan.

“Yang pasti pilih camilan sehat agar tidak berlebihan kalorinya karena metabolisme tubuh melambat pada malam hari. Hindari ngemil karena sedang kesal atau marah, karena biasanya yang dicari justru junk food, seperti cokelat atau es krim,” dr. Louise Kartika Indah, M.Gizi, Sp.GK dari RS Harapan Bunda, Jakarta Timur.

Mau tahu apa saja camilan yang aman dikonsumsi malam hari?

1.  Pisang

Selain mengenyangkan, pisang mengandung magnesium dan potassium yang membantu lebih relaks, tetap fokus, serta meningkatkan kesehatan kardio. Kalau malas ngunyah, coba dibikin smoothies, aja, Goodpeeps.

 

2.  Popcorn

Pilih yang tanpa tambahan pemanis atau mentega, ya. Popcorn terbuat dari jagung termasuk karbohidrat kompleks yang rendah kalori dan lemak, namun tinggi serat sehingga aman dikonsumsi malam hari. Enggak suka rasanya yang hambar? Percikan sedikit minyak zaitun saja.

 

3.  Jeruk

Mengandung vitamin C, 87%nya berupa air, dan rendah kalori. Seratnya baik untuk kesehatan pencernaan. Rasanya yang sedikit asam bikin kamu melek dan semangat menyelesaikan tugas. 

 

4.  Selai Kacang dan Roti Gandum

Catatannya, selai kacang terbuat tanpa tambahan gula atau lemak lainnya. Selai kacang yang sehat mengandung asam lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan. Santap dengan selembar roti gandum bisa jadi penyelamat dari kelaparan.

Gandum bermanfaat buat kamu yang nggak bisa tidur di malam hari karena meningkatkan kadar triptophan, sejenis asam amino esensial yang dibutuhkan untuk produksi serotonin sehingga kita bisa tidur lebih nyenyak.

 

5.  Sayuran Tinggi Air

Pilih salad sayuran yang mengenyangkan dan mengandung kadar air tinggi agar metabolisme tubuh tetap lancar di malam hari. Misalnya, mentimun, selada, tomat, dan sebagainya.

 

6.  Agar-agar

Agar-agar memiliki kandungan kalori yang sangat rendah dan serat tinggi selama tidak menggunakan gula berlebihan. Campur dengan toping buah atau vla susu rendah lemak. 

Jika perut masih terasa lapar setelah ngemil, ambil jeda dari pekerjaan kamu dan cobalah minum air putih hangat agar perut terasa penuh dan tubuh tidak dehidrasi. Awas jangan sampai kembung aja ya Goodpeeps.

Recommended Articles