17

FEB 20

Tim writer GoodLife

Bir Pletok: Ternyata Minuman Kesehatan

Goodpeeps, kamu tahu sejenis apa minuman Bir Pletok? Minuman ini memang sudah jarang ditemui. Namun, kamu bisa menemukan bir pletok di sentra-sentra masyarakat Betawi Jakarta maupun di pinggiran Jakarta, atau di acara-acara khusus yang diselenggarakan dengan penampilkan budaya Betawi, seperti pernikahan tradisional dan acara budaya lainnya.

Makanya gak heran, kalau jadi jarang yang tahu bir pletok itu sebenarnya adalah minuman kesehatan. Apalagi dengan adanya kata “bir” di situ, itu bukan bir yang mengandung alkohol, dan kata "bir" pun harus selalu diikuti dengan pletok, sehingga menjadi bir pletok. 

 

Apa itu bir pletok?

Bir pletok adalah minuman asli Indonesia, berasal dari Jakarta, yang sudah tercipta sejak dahulu kala, ketika kota ini masih bernama Betawi. Meneliti kandungannya, maka bir pletok termasuk minuman herbal yang menyehatkan. Ada kata “bir” tidak serta merta membuat bir pletok masuk dalam jenis minuman yang memabukkan. Bir pletok halal, tidak mengandung alkohol, jadi aman dikonsumsi manusia segala usia. Bahkan bir pletok bermanfaat bagi kesehatan. Disebut bir, karena konon dahulu masyarakat Betawi ingin punya minuman tambahan seperti orang Belanda minum bir. 

 

Lalu, apa sih bahan dasar bir pletok?

Bahan pembuat bir pletok adalah berbagai tanaman herbal dan rempah-rempah, seperti lada, jahe, dan kulit kayu secang, bisa juga dicampur dengan bahan lainnya seperti daun jeruk, daun pandan, kayu manis, dan gula. Bahan-bahan tersebut direbus dalam waktu lama sampai keluar sari-sarinya. Saringannya kemudian dimasukkan dalam batang bambu. Demikian cara tradisional yang dilakukan masyarakat Betawi zaman dulu. Ke dalam batang bambu berisi sari rempah-rempah itu kemudian dimasukkan es batu, lalu dikocok selama satu sampai dua menit. Saat dikocok itu timbullah suara keras yang orang Betawi bilang “pletak-pletok”. Itulah makanya ada kata pletok pada minuman ini.

 

Khasiat bir pletok bagi kesehatan tubuh

Mengingat bir pletok termasuk dalam kategori minuman herbal tradisional, minuman ini tentu saja mengandung berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah khasiat yang terkandung dalam bir pletok:

1.  Kayu secang, berkhasiat menghilangkan gangguan pencernaan dalam perut dan lambung seperti diare, maag dan disentri.

2.  Jahe, bahan ini mengandung enzim bernama protease yang berfungsi menambah nafsu makan.

3.  Kayu manis, seperti jahe, dapat menghangatkan tubuh serta mengeluarkan angin dari tubuh, ketika kita masuk angin.

 

Mempelajari kandungan bahan tumbuhan (herbal) yang ada dalam tubuh maka bir pletok bisa menjadi obat alternatif untuk sakit kepala dan migrain. Menghilangkan migrain karena jahe yang ada di dalam bir pletok berfungsi menenangkan otak dan mengurangi kerja prostaglandin, sumber penyakit migrain dan peradangan pembuluh darah di dalam otak.

Tertarik untuk mencoba minum bir pletok? Minuman ini bisa ditemui di sentra-sentra warga Betawi asli. Bir pletok kini juga bisa didapat di toko online. Harga bir pletok sekitar Rp20.000 per botol. 

 

Baca Juga:

Selain Teh dan Kopi, 5 Minuman Ini Juga Nikmat Sebagai Pembuka Hari

Recommended Articles