04

AUG 19

Tim writer GoodLife

6 Langkah Sukses Bisnis Barang Preloved

Menarik dicoba!

Punya barang masih bagus tapi tidak terpakai? Preloved aja daripada bikin lemari penuh. Istilah barang preloved semakin ramai di laman media sosial. Preloved adalah istilah untuk barang-barang yang pernah dibeli atau dipakai lalu dijual kepada orang lain.

Bisnis barang preloved kini banyak peminatnya, apalagi terkait perilaku konsumsi generasi millennial yang “hobi belanja dan menyesal kemudian”, berjualan barang preloved seakan menjadi solusi. Nah, jangan-jangan kamu termasuk salah satunya…

Sudah banyak contoh nyata orang-orang yang sukses berbisnis barang preloved. Sebut saja Carousell.com atau fashion masketplace Tinkerlust.com yang menjual beli barang-barang fashion branded original preloved, mulai dari streetwear sampai label desaigner.

Bisnis ini memang menawarkan berbagai keuntungan, seperti modal yang minim (kalau kamu punya banyak barang preloved yang kondisinya layak atau mengajak teman yang juga punya barang preloved) dan tidak perlu membuka toko karena banyak platform khusus untuk jual beli barang preloved.

Kamu tertarik mencoba bisnis barang preloved? Ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu ikuti agar bisnis kamu laris manis.

 

1.  Kumpulkan Barang Preloved Layak Pakai

Langkah awal tentunya mengumpulkan dan mengkurasi barang-barang preloved berkualitas bagus atau layak pakai yang kamu punya. Kamu juga bisa bekerja sama dengan teman atau saudara yang memiliki barang preloved. Dengan jumlah dan jenis yang lebih banyak, lapak kamu pasti semakin menarik.

2.  Manfaatkan Media Sosial

Kamu bisa memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, Twitter dan Facebook pribadi dulu agar orang-orang merasa tertarik dan percaya berbelaja di lapak kamu. Atau, berjualan di situs marketplace khusus preloved yang terpercaya.

3.  Buat Foto Berkualitas

Foto barang-barang preloved dengan detail dan kualias gambar yang bagus sehingga calon pembeli bisa melihat dengan jelas.

 

4.  Berikan Caption Menarik

Nah, ini bisa jadi senjata jualan yang ampuh juga. Selain memberi caption detail soal deskripsi fisik barang preloved tersebut, kamu bisa juga menambahkan sedikit sentuhan emosional berupa cerita di balik barang tersebut dengan kata-kata yang menarik dan kenapa kamu menjualnya.

 

5.  Aktif Update dan Promosi

Pastikan kamu rutin mengupdate lapak, menyapa follower serta mengadakan promosi yang membuat mereka tertarik berselancar di lapak kamu. Jangan lupa untuk membalas komentar mereka, mengucapkan terima kasih jika sudah membeli atau mampir, juga mendengarkan masukan mereka.

 

6.  Raih Kepercayaan

Bisnis barang preloved membutuhkan rasa saling percaya dari penjual dan pembeli. Utamakan kejujuran, termasuk ketika barang yang dijual memiliki sedikit kekurangan harus diberitahu pada calon pembeli.

Beritahu juga kapan kamu membeli barang tersebut, harga asli barang tersebut serta harga jual yang sesuai, sehingga calon pembeli memiliki gambaran.

Recommended Articles