06

MAR 20

Tim writer GoodLife

Sakurayu, Minuman Herbal Bunga Sakura

Halo Goodpeeps, kamu tahu minuman herbal, kan? Adalah jenis minuman yang bahan racikannya adalah tumbuhan yang memiliki efek positif pada kesehatan tubuh. Di Indonesia ada minuman herbal tradisional bernama jamu, yang sudah terkenal di dalam dan luar negeri. Sementara itu di Jepang, teh hijau merupakan minuman herbal yang cukup terkenal. Namun tahukah kamu, selain teh hijau, ada minuman herbal lain asal Jepang yaitu sakurayu. Apa itu sakurayu? Apa manfaat bagi kesehatan tubuh? Bagaimana cara membuatnya? Yuk Goodpeeps setia, mari kita telusuri lebih dalam lagi di artikel kali ini.

sakura

Apa itu sakurayu?

Sakurayu adalah teh herbal tradisional berupa teh yang dibuat dari bunga sakura. Teh bunga sakura ini memiliki efek positif bagi kesehatan tubuh, dan menjadi salah satu bahan dalam membuat berbagai macam masakan kuliner di Jepang. Pembuatan teh bunga sakura ini terkenal unik, mengingat bunga sakura hanya mekar di musim semi. Bunga Sakura mekar memang sebentar saja, tapi yang dipakai untuk bahan masak atau teh itu bunga yang dibuat asinan (pakai garam dan cuka mei hoa), jadi, orang minum sakurayu kapan saja. Biasanya, saat upacara pernikahan. Di Jepang ada kata “mengeruh teh”, artinya “asal-asalan”. Jadi, orang tidak mau pakai teh dan digantikan sakurayu.

 

Dampak positif Sakurayu

Teh bunga sakura ini memiliki bermacam-macam dampak positif pada kesehatan tubuh, antara lain:

 

Anti-oksidan 

Teh bunga sakura memiliki kandungan zat anti-oksidan yang tinggi. Zat ini membantu dan menyembuhkan sel darah merah di dalam tubuh dari segala zat-zat yang tidak baik.

 

Asam lemak

Asam lemak yang baik terkandung dalam teh bunga sakura. Zat asam lemak ini dapat membantu mencerahkan kulit dan melembutkan kulit. Sangat disarankan untuk wanita yang ingin memiliki kulit yang cantik dan lembut.

 

Kolagen

Zat kolagen yang terkandung dalam teh bunga sakura ini dapat mengurangi kerutan di wajah serta memperbaharui warna kulit. Zat ini sangat penting dalam menjaga penampilan tetap muda.

 

Anti-inflamasi

Inflamasi adalah kulit yang mengalami bercak warna merah, gatal-gatal, dan menyebar. Jangan khawatir, teh ini memiliki kandungan zat anti-inflamasi yang dapat melawan racun dalam kulit yang memicu inflamasi, dan juga mengurangi efek pigmentasi dalam kulit.

sakurayu(image: agoda.com)

Cara membuat teh bunga sakura:

Teh bunga sakura juga sangat terkenal dengan pembuatannya yang rumit, mengingat bunga sakura yang bisa digunakan bukanlah bunga sakura sembarang, tetapi bunga sakura yang asli dari Jepang. Bagian di bawah ini menjelaskan bagaimana cara membuat bunga sakura yang menjadi bahan utama dalam membuat teh bunga sakura.

 

Bahan:

2 cangkir bunga sakura (tentu saja)

6 sendok garam sendawa

¾ cangkir cuka ume

 

Tahap mengawetkan bunga sakura:

Cuci bunga sakura, lalu keringkan dengan tisu dengan hati-hati dan pelan.

Tabur dan ratakan garam sendawa ke bunga sakura dengan hati-hati.

Masukkan bunga sakura ke dalam tempayan. Tutup dan letakkan benda yang berat di atas penutup tempayan, diamkan selama 2 hari.

Hilangkan cairannya lalu bersihkan bunga sakura dari garam sebelum dilumuri dengan cuka ume. Masukkan kembali bunga sakura ke dalam tempayan dan diamkan selama 3 hari.

Pisahkan bunga sakura dan cuka dengan saringan. Letakkan bunga sakura di tisu.

Taburkan garam dan biarkan di luar selama 2 hari sampai kering, setelah itu simpan di kotak kedap angin.

 

Tahap membuat teh bunga sakura:

Masukkan 3-4 bunga sakura ke dalam poci

Tambahkan air panas ke dalam poci, biarkan selama 30 detik.

Keluarkan bunga sakura, tuangkan teh tersebut ke cangkir teh, dan tambahkan air panas lagi. Teh bunga sakura siap untuk diminum.

 

Sumber:

https://journal.rikumo.com/journal/2019/4/24/savor-spring-how-to-make-preserved-cherry-blossom-tea

https://yumeatcafe.wordpress.com/2016/02/19/your-cup-of-tea-9-cherry-blossom-tea-sakyrayu/

https://gabriela.green/cherry-blossom-tea/

 

Recommended Articles