26

MAR 20

Tim writer GoodLife

Nasi Hitam Dengan Kandungan Antioksidan Yang Tinggi

Tahukah kamu? Ada jenis nasi berwarna hitam yang nutrisi serta manfaat kesehatannya tidak kalah dengan nasi biasa.

Apa itu nasi hitam? Apa manfaat nasi hitam pada kesehatan tubuh kita? Apakah nasi hitam baik untuk diet dan apakah ada cara untuk diet dengan nasi hitam? Yuk, mari kita telusuri lebih dalam lagi tentang nasi hitam dalam artikel kali ini.

 

Apa itu nasi hitam?

Nasi hitam, atau disebut juga nasi terlarang, merupakan salah satu jenis nasi yang juga populer di berbagai negara Asia seperti Cina dan Indonesia. Nasi ini mendapat julukan nasi terlarang karena di Cina kuno, nasi hitam hanya boleh dimakan oleh orang-orang kelas atas seperti kaisar saja. Berbeda dengan nasi putih, selain warnanya yang tentu saja berbeda, nasi hitam mengandung lebih banyak zat dan nutrisi yang berguna dalam kesehatan tubuh dibandingkan nasi putih. Berikut ini adalah kandungan serta manfaatnya nasi hitam.

Black Rice

1. Kandungan antioksidan 

Beras hitam mengandung zat antocyanin dan merupakan nasi yang paling banyak mengandung zat tersebut. Kegunaan dari zat ini adalah mencegah penyakit jantung dan radang seperti asma, arthritis, dan kanker. Selain itu, zat ini juga membantu proses diet dimana zat ini menurunkan kadar lemak buruk dalam darah dan meningkatkan kadar lemak baik, dan juga membuat plak aterosklerotik di pembuluh darah jantung.

2. Kandungan protein

Sebenarnya, nasi hitam tidak memiliki karbohidrat yang banyak dibandingkan dengan nasi jenis lain seperti nasi merah. Namun di sisi lain, nasi hitam memiliki protein dan kandungan serat yang sangat tinggi yang cukup meningkatkan kesehatan pada otot.

3. Kandungan vitamin dan mineral

Nasi hitam mengandung banyak bermacam-macam vitamin seperti vitamin E, B1, B2, B3, B6, zinc, magnesium, dan fosfor. Vitamin B membantu tubuh mengolah energi untuk meningkatkan performa tubuh sangat drastis. Magnesium dan zat besi menghilangkan rasa letih, lelah, dan lesu. Zinc membantu kondisi sistem imun tubuh terhadap segala penyakit, sementara itu fosfor membantu pembentukan gigi dan tulang.

Black Rice for Dier

Apakah nasi hitam baik untuk diet dan apakah ada cara diet dengan nasi hitam?

Ya, seperti yang dikatakan sebelumnya, nasi hitam merupakan jenis nasi yang paling banyak memiliki antioksidan dibandingkan dengan jenis nasi lain. Selain itu, kandungan serat, mineral dan vitamin yang terkandung dalam nasi hitam juga sangat banyak dan cukup untuk memenuhi kesehatan tubuh.

Cara yang paling efektif dalam melakukan diet nasi hitam adalah dengan mengganti jatah nasi putih 3 kali sehari dengan nasi hitam tapi dengan porsi yang sedikit. Masih di catatan yang sama, nasi hitam memerlukan pencernaan yang sangat lama karena kandungan karbohidrat yang sangat rumit, sehingga perut cepat kenyang.

 

Recommended Articles