27

MAR 20

Tim writer GoodLife

Biar Gak Jenuh Saat Social Distancing, Ini 4 Rekomendasi Tontonan Anime

Saat himbauan untuk social distancing diterapkan, banyak kegiatan yang akhirnya dirumahkan. Mulai dari anak sekolah, pegawai, karyawan, bahkan sederet artis pun memilih untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Kita yang terbiasa untuk bergerak aktif di lingkungan sekitar, mungkin harus beradaptasi dengan situasi saat ini. Dan… betul, pasti rasanya itu tidaklah mudah.

 

Pada dasarnya, saat dihadapkan dengan situasi yang tidak pernah kita jumpai, maka cara terbaiknya adalah dengan menyibukkan diri melalui aktivitas yang disukai. Saat kegiatan tersebut dilakukan, akhirnya akan menciptakan suasana hati yang lebih nyaman dan bisa menerima keadaan. Darisana jugalah, rutinitas baru tercipta.

Nah, untuk melepaskan rasa jenuh yang ada, kita bisa isi dengan kegiatan menyenangkan seperti menonton anime. Stereotype yang muncul saat mendengar kata “anime” mungkin sering disalah artikan sebagai tontonan anak-anak, ya. Tetapi sebetulnya, anime juga bisa ditonton oleh orang dewasa kok. Malah tak jarang, banyak pula anime-anime terbaik yang mengandung amanat dengan filosofi makna untuk menjalani keseharian kita.

Kegiatan menonton ini memang bagus untuk dilakukan di rumah. Selain bisa mengambil nilai baik dari isi cerita, selain itu juga dapat mendekatkan dengan keluarga apabila ditonton secara bersama-sama. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi anime yang bisa kamu tonton nih, Goodpeeps.

 

  • Kino No Tabi: Dunia tidak seindah yang kamu pikirkan

Kino No Tabi

(Image : Kino No Tabi Film)

Dalam kehidupan sehari-hari yang pada umumnya sangat nyaman dan tenang, kita sering berpikir bahwa dunia sangatlah indah. Namun pada kenyataannya, dunia tidaklah selalu seperti itu. Pernyataan ini merupakan tema utama dalam novel dan anime bernama Kino no Tabi. Kino No Tabi atau disebut juga Kino’s Journey menceritakan petualangan seorang pengembara bernama Kino bersama motornya. Motor tersebut bernama Hermes. Hermes memiliki kesadaran diri dan bisa berbicara. Kino sendiri sering sekali melakukan perjalanan bersama Hermes untuk mengunjungi berbagai kota dan desa yang setiap tempatnya memiliki latar belakang dan keunikan tersendiri.

Berikut ini adalah trailer dari anime ini:

https://www.youtube.com/watch?v=2GsQTRMzOKo

 

  • Soredemo Sekai wa Utsukushii: Bagaimanapun, dunia masih tetap indah

Soredeno Sekai wa Utsukushi

( Image:Soredemo Sekai wa Utsukushii Film )

Jika poin pertama mengatakan bahwa dunia tak seindah yang dipikirkan, mungkin pada poin kedua merupakan kebalikannya ya, Goodpeeps. Anime ini cocok banget buat kamu pecinta petualangan dan menyukai genre romance yang dibalut unsur komedi. Menceritakan seorang putri bernama Nike Lemercier yang berasal dari Kerajaan Hujan untuk menikah dengan seorang raja bernama Livius dari Kerajaan Matahari. Hubungan ini pada mulanya ditentang oleh mereka karena sebetulnya Nike didatangkan hanya untuk menurunkan hujan di kerajaan tempat Livius tersebut.

Dan secara perlahan, Nike pun menunjukkan betapa indahnya dunia kepada Livius. Di tengah konflik yang terjadi, sejatinya ada keindahan Sang Pencipta melalui alam semesta yang patut disyukuri. Ingat, pelangi indah pun akan muncul setelah adanya hujan.

Ada cuplikannya, nih. Lagunya penuh makna banget. Coba lihat di bawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=QKZQiv7lX-4

 

  • 5 Centimeters per Second: Kecepatan jatuhnya bunga sakura

Nah, anime ke tiga pun tak kalah seru dari sebelumnya. Anime yang merupakan karya dari Makoto Shinkai sudah tidak perlu diragukan lagi dalam hal animasi atau pembuatan grafik yang bagus. Fakta menariknya.. Tahu ga Goodpeeps, kalau secara pengetahuan umum, 5 centimeters per second adalah kecepatan bunga sakura saat gugur dan jatuh ke bumi?

Kecepatan tersebut sama halnya dengan kecepatan metamorfosis pada manusia. Mulai dari masa kanak-kanak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia. Begitulah kehidupan, bergerak secara perlahan namun pasti, dalam pencapaiannya membawa manusia menuju proses perubahan.

Yuk, langsung saja lihat video trailer berikut supaya lebih paham:

https://www.youtube.com/watch?v=wdM7athAem0

 

  • Hotaru no Haka: Harapan di dalam cahaya kunang-kunang

Hotaru No Haka

( Image : Hotaru no Haka Film )

Sebagai penutup, poin terakhir ini akan membuat perasaan kamu bermain saat menontonnya. Walaupun anime karya Studio Ghibli ini merupakan anime lama, tapi tetap worth it untuk ditonton kok, Goodpeeps. Bercerita tentang dua orang anak, kakak-beradik yang harus berjuang untuk hidup mandiri setelah pecahnya kejadian Perang Dunia II di Jepang.

Singkat cerita, karena sulitnya mendapatkan tempat tinggal, akhirnya mereka pun memutuskan untuk hidup di dalam sebuah gua sebagai tempat berlindung. Tentu saja keterbatasan penerangan pun menjadi masalah, namun mereka tetap bisa menerima dan menghadapinya bersama. Sang adik sangat menyukai kunang-kunang karena dapat menghasilkan pencahayaan dan menemani malam tidurnya.

Bagaimana ya kelanjutannya?

Berikut adalah cuplikan video dari anime ini:

https://www.youtube.com/watch?v=4vPeTSRd580&feature=youtu.be

 

Kira-kira itulah keempat rekomendasi anime terbaik versi GoodLife, yang bisa mengisi keseharian selama di rumah aja. Di situasi seperti ini, jangan berkecil hati. Anime di atas bisa kita jadikan contoh bahwa di dalam masalah apapun harus berfokus untuk menyelesaikan masalah, bukan hanya memikirkan masalah itu. Tetap semangat dan sehat selalu ya, Goodpeeps~

Recommended Articles