30

MAR 20

Tim writer GoodLife

Ini 8 Jenis Susu Nabati Buat Kamu yang Alergi Susu Sapi

Selama ini susu sapi sudah sering dijadikan andalan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, tapi tidak semua orang bisa mengkonsumsinya karena faktor alergi yang biasa disebut intoleran laktosa. Tapi kamu gak perlu khawatir lagi, karena sudah banyak produk susu yang diolah dari nabati terutama dari kacang-kacangan atau biji-bijian sehingga aman dikonsumsi buat kamu yang alergi susu sapi. Yuk kita lihat ada apa aja.

1. Susu Kedelai

Susu Kedelai

( Image : Susu Kedelai )

Susu kedelai merupakan salah satu jenis susu nabati yang sebagian besar kandungan nutrisinya sangat mirip dengan susu sapi, tidak heran susu ini ramai beredar di pasaran ditambah lagi proses produksinya yang dinilai cukup mudah. Susu kedelai ini kaya akan antioksidan dengan sumber protein dan kalsium yang amat tinggi.

 

2. Susu Almond

Susu almond tidak mengandung banyak protein untuk menjadi pengganti susu sapi sepenuhnya, namun susu almond kaya akan mineral, vitamin A, D dan E . Susu ini sering dijadikan andalan untuk mencegah osteoporosis serta meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

 

3. Susu Kelapa

Susu kelapa atau yang kita kenal dengan santan lebih sering dijadikan bahan untuk membuat makanan karena teksturnya yang creamy. Susu kelapa mengandung lemak sehat, vitamin, dan zat besi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan metabolisme dan membantu pembakaran lemak. 

 

4. Susu Beras

Susu Beras

( Image: Susu Beras )

Diantara susu lainnya, susu beras mengandung lemak dan kolesterol yang paling rendah bahkan hampir tidak ada, sehingga baik untuk menyehatkan jantung. Karena teksturnya yang lembut, susu beras ini cocok digunakan sebagai refreshing drink atau pendamping sarapan sereal. 

 

5. Susu Gandum

Susu gandum merupakan susu pengganti yang bebas kolesterol dan laktosa, diperkaya dengan protein yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena kandungan seratnya yang tinggi, susu ini mampu membuat kenyang lebih lama, cocok buat kamu yang sedang menjalani diet. 

 

6. Susu Biji Wijen

susu biji wijen

Susu biji wijen termasuk produk olahan nabati yang kaya akan kalsium bahkan menurut penelitian kalsiumnya melebihi susu sapi, selain itu juga mengandung mineral, protein, dan lemak tak jenuh seperti omega-6 dan omega-9 yang bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan mencegah penyakit hati.

 

7. Susu Biji Bunga Matahari

Selain dimanfaatkan jadi kuaci, ampas biji bunga matahari juga bisa diolah menjadi susu yang kaya akan lemak nabati, mineral seperti magnesium dan fosfor, dan juga mampu meningkatkan fungsi otak.

 

8. Susu Biji Labu

Susu biji labu kaya akan asam lemak linoleat, mineral (seperti besi, fosfor, magnesium) dan vitamin. Nutrisi pada susu ini dapat membantu melawan diabetes dan menawarkan manfaat untuk kesehatan prostat pria dan gejala menopause pada wanita.

 

Karena kandungan gizi yang tinggi, jadi sudah gak perlu diragukan lagi nih Goodpeeps, manfaat susu nabati buat tubuh kita.

Baca Juga : Selain Susu Sapi, Ini Ragam Susu dan Nutrisinya

Recommended Articles