02

APR 20

Tim writer GoodLife

Tips Agar Tidak Sering Menyentuh Wajah

Kamu memiliki kebiasaan menyentuh wajah? Yuk, mulai hari ini harus kita hentikan. Mungkin awalnya akan terasa sulit karena rasanya kebiasaan ini sudah menjadi gerak refleks ya, Goodpeeps. Berikut ini seperti yang dilansir healthline.com, GoodLife coba paparkan alasan mengapa kebiasaan menyentuh wajah tidak baik dilakukan:

Cara virus bergerak dan berpindah

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, mereka menyebutkan bahwa corona virus berjenis Covid-19 ini cara penularannya sama seperti penyakit pernapasan pada umumnya. Virus dapat ditularkan dari manusia ke manusia lainnya.

Saat seseorang batuk dan bersin, virus akan berkembang di udara secara bebas. Tindakan pencegahannya adalah kita dapat menggunakan masker. Namun yang sulit ketika virus tersebut telah hinggap dan menempel pada berbagai benda di sekitarnya. Karena tidak kasat mata, kita bisa saja tanpa sengaja memegang benda yang telah bervirus. Tentu saja, organ tubuh yang melakukan kontak langsung yaitu tangan.

 

Tangan adalah sumber bakteri dan virus berkumpul

Ada sebuah studi penelitian yang memperlihatkan bahwa banyak orang menyentuh wajah mereka rata-rata 16 kali per jam. Area yang biasanya terkena sentuhan oleh tangan itu diantaranya adalah mata, hidung, dan mulut. Kita umumnya menyentuh mata saat merasa lelah, hidung saat gatal, dan mulut saat kita ingin mengusapnya seperti setelah makan. Padahal, ketiga anggota tubuh tersebut merupakan jalur termudah bagi virus dan bakteri untuk memasuki tubuh kita.

 

Mencuci tangan adalah kuncinya

Sering mencuci tangan setidaknya 20 detik bisa dijadikan sebagai tindakan pencegahan. Tetapi selain lebih sering mencuci tangan, kita juga harus dengan sadar menghindari untuk menyentuh wajah secara langsung. Menurut CDC, mencuci tangan yang efektif terdiri dari lima langkah sederhana yakni:

1.  Basahi semua permukaan dan punggung tangan

2.  Buatlah busa melimpah dari sabun

3.  Gosok dan jangkau seluruh bagian tangan

4.  Bilas sampai bersih

5.  Dan terakhir adalah keringkan

Namun, bila kita masih saja menyentuh wajah maka hal ini pun tidak efektif. Tetap saja ada kemungkinan untuk terkontaminasi kembali oleh virus yang ada. Jika sudah bersih, maka bisa gunakan sarung tangan apabila ingin melakukan kegiatan yang mengharuskan kebersihan dari tangan ini.

 

Tips untuk mengatasi kebiasaan menyentuh wajah

Zachary Sikora, PsyD, seorang psikolog klinis di Northwestern Medicine Huntley Hospital di Huntley, memberikan tips berikut untuk menghindari menyentuh wajah selama adanya wabah virus corona ini: 

  • Kita dapat membuat catatan seperti menggunakan Post-it yang ditempelkan di rumah atau kantor, tepatnya pada bagian yang sering kita lihat. Hal ini dapat dijadikan sebagai pengingat untuk diri sendiri.
  • Saat berada di rumah, dapat melakukan kegiatan sederhana agar tangan tetap bergerak aktif dan adanya kesibukan. Kegiatan ini contohnya menonton tv, membaca koran, atau bahkan hanya memegang sesuatu di tangan seperti tisu supaya tidak menyentuh wajah.
  • Ia juga merekomendasikan untuk menggunakan hand sanitizer ataupun sabun cuci tangan beraroma wangi. Wewangian dapat membantu mengingatkan diri sendiri agar menjauhkan tangan dari wajah.

Recommended Articles