03

APR 20

Tim writer GoodLife

Mengenal Daun Sambiloto, Si Pahit Tapi Banyak Manfaatnya

Setelah Jahe merah dan temulawak dipercaya untuk dapat menangkal virus Corona, akhir-akhir ini, daun sambiloto juga salah satu tanaman herbal yang dipercaya dapat mencegah masuknya virus Corona kedalam tubuh kita.

Hal ini disampaikan oleh Rektorat Universitas Airlangga (UNAIR) Prof. Mohammad Nasih pada pertemuan dengan Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Lembaga Penyakit Tropik (LPT), beliau mengatakan bahwa, saripati daun sambiloto mampu menjadi referensi pencegahan masuknya virus Corona ke dalam tubuh.

Daun Sambiloto adalah salah satu tumbuhan herbal yang kaya manfaat, mungkin beberapa dari kalian ada yang belum tahu atau baru mengenal tumbuhan ini. Tapi jangan salah lho goodpeeps, walaupun namanya terdengar asing ditelinga kamu, tapi sebenarnya banyak obat jamu tradisional yang terbuat dari tumbuhan ini. Rasa daun sambiloto ini terkenal dengan rasanya yang pahit.

Kalau kamu mau cari jamu ini biasanya diberi nama “jamu pahitan”. Sambiloto memiliki zat aktif bernama andrografolida yang diambil dari batang dan daun sambiloto. Biasanya tanaman ini sering ditemukan di daerah Asia dan India.

Jamu Sambiloto( Image : Jamu Sambiloto )

 

Kira-kira apa aja sih manfaat sambiloto bagi kesehatan?  

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Disaat Virus Corona sedang meningkat, alangkah baik nya kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Karena kekebalan tubuh merupakan hal yang sangat penting disaat seperti ini. Ekstrak tanaman ini bersifat imunostimulan, yaitu meningkatkan kinerja organ-organ yang berhubungan dengan sistem imun.

Menyembuhkan pilek dan flu 

Sambiloto banyak mengandung antioksidan, sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Antioksidan yang terkandung di dalam sambiloto juga dapat membantu tubuh dalam mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.Selain itu, sambiloto juga dapat mengurangi gejala pilek seperti demam, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

Membantu mencegah penyakit jantung

Penelitian yang diterbitkan oleh Chinese Medical Journal  telah membuktikan bahwa ekstrak A. paniculata dapat mengulur waktu pembentukan gumpalan darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Sehingga, tanaman ini mampu membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah penyakit jantung. 

daun sambiloto( Image : Daun Sambiloto)

Membantu menyembuhkan infeksi sinusitis

Daun sambiloto mempunyai sifat antibakteri, antivirus, dan antiparasit yang mampu menyembuhkan penyakit infeksi. Sambiloto dapat membantu menghentikan proses bakteri yang menyebabkan sinusitis menempel pada lapisan sinus. Sehingga, kamu lebih cepat sembuh dari sinusitis. 

Selain itu beberapa penyakit infeksi yang dapat disembuhkan oleh daun sambiloto antara lain pneumonia, tuberculosis, malaria, herpes, dan kusta. 

Menurunkan hipertensi

Apabila kamu mengalami hipertensi, Daun sambiloto diprediksi mampu menghilangkan akumulasi garam yang meningkatkan jumlah natrium dalam aliran darah dan menjadi penyebab hipertensi. Nah cara mengkonsumsi nya dengan cara meminum air rebusan daun sambiloto ya!

Mencegah diabetes

Penelitian yang diterbitkan oleh Indian Journal of Pharmacology tahun 2012 memberikan kesimpulan bahwa senyawa andrographolide aktif yang terdapat dalam A. Paniculata mempunyai efek hipoglikemik dan hipolipidemik, efek ini mampu mencegah kamu dari diabetes.

 

Nah jadi itu dia manfaat-manfaat dari Daun Sambiloto! Banyak banget yaa ternyata, boleh deh kalian mulai sekarang sering-sering mengkonsumsi daun ini karena manfaatnya yang baik bagi tubuh kalian. Walaupun agak pahit yaaa…. yang penting ga sepahit kenangan sama mantan kok. Hmm~

Recommended Articles