05

APR 20

Tim writer GoodLife

9 Cara Berhenti Dari Kebiasaan Ngemil Menurut Para Ahli

Hai Goodpeeps, siapa sih yang nggak suka ngemil? Ngemil atau snacking enak banget apalagi sambil Work From Home atau #dirumahaja kayak sekarang. Tapi Goodpeeps kebiasaan ngemil yang berlebihan juga tidak baik karena ngemil tanpa berpikir juga memiliki implikasi serius bagi kesehatan jangka panjang. "Ketika kamu ngemil tanpa berpikir, kalori dapat bertambah dengan cepat  dan semakin banyak kalori yang kamu konsumsi setiap hari, semakin banyak berat badan yang kamu dapatkan dan semakin berisiko bagi kesehatan kamu," kata ahli gizi Keri Gans, RD, penulis "The Small Change Diet". Mengurangi kebiasaan ngemil hingga berhenti memang tidaklah mudah tapi ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengurangi kebiasaan ngemil.

 

1.  Beli kemasan satuan atau sachet

Jika mau membeli camilan atau snack lainnya sebaiknya beli dengan kemasan sachet yang kecil karena saat habis kamu akan membutuhkan effort untuk membuka snack baru, nah itu akan memberi otak kesempatan untuk berpikir, 'apakah ini benar-benar yang Aku butuhkan saat ini?'” Kata Jessica Cording, RD, penulis "The Little Book of Game-Changers".

Ruang atau jeda itu dibutuhkan untuk menyadari bahwa kamu sebenarnya sudah cukup puas, karena ketika diberi lebih banyak makanan, orang cenderung makan lebih banyak.

 

2.  Gunakan piring kecil

Manusia cenderung lapar mata. Jika ada mangkuk besar berisi makanan kita akan selalu ingin menghabiskannya maka coba gunakan piring atau mangkuk yang kecil agar snack yang sedikit bisa terisi penuh..

 

3.  Mengganti snack

Jika sangat sulit untuk mengurangi porsi snack sebaiknya coba mengganti snack dengan sesuatu yang lebis sehat untuk dijadikan camilan. Jika kamu suka makanan ringan seperti keripik karena gurih dan renyah, cari pilihan chips yang menawarkan sensasi atau rasa favorit. Jika kamu penggemar makanan renyah, cobalah irisan wortel dengan selai kacang, atau segenggam kacang-kacangan sebagai camilan.

 

4.   Jauhkan makanan favorit 

Jika kamu punya snack favorit yang sering kamu makan sebaiknya sekarang buatlah lebih sulit untuk mendapatkannya. Jika kamu mencarinya, kamu memiliki waktu untuk berpikir lagi  'Apa iya aku ingin makan ini?

 

5.  Makan Perlahan

Makan lebih lambat pada bisa membuat kamu makan lebih sedikit lho Goodpeeps. "Semakin lambat kamu makan, semakin banyak waktu perut kamu untuk memberi tahu otak bahwa kamu kenyang," kata Keri Gans. Untuk memperlambat kecepatan nyemil, cobalah makan dengan tangan yang tidak dominan atau taruh makanan ringan di ujung meja sehingga perlu usaha ekstra untuk meraih

 

6.  Tidak membeli dalam jumlah besar

Memiliki banyak makanan yang diinginkan meningkatkan kemungkinan untuk memakan banyak sekali sekaligus. Pertimbangkan untuk tidak membeli snack dalam jumlah atau ukuran yang besar

 

7.  Tanyakan kepada diri sendiri

Sebelum kamu nyemil sesuatu, berhentilah sejenak dan tanyakan kepada diri kamu sendiri mengapa kamu nyemil.

 

8.  Jangan melakukan banyak tugas

Saat kamu nyemil sebaiknya jangan sambil main hp, laptop atau sambil menonton tv karena pasti tidak fokus dan kamu akan makan snack terus-menerus.

 

9.  Pilih camilan

Makan makanan ringan yang membutuhkan sedikit usaha untuk makan, seperti pistachio atau ceri segar, bisa memperlambat kamu dan membuat lebi sadar akan apa yang dimakan. 

Nah Goodpeeps, itu dia 9 cara untuk yang bisa kamu coba untuk mengurangi dan menghentikan kebiasaan nyemil. Buat kamu yang tetep pengen nyemil banyak alternative snack sehat yang bisa jadi camilan sehat kamu.

Source

Recommended Articles