05

APR 20

Tim writer GoodLife

Unik dan Stylist, Ini Fungsi Lain Dari Masker

Bukan hanya untuk menangkal virus!

Di tahun ini, terutama setelah adanya penyebaran corona virus di sejumlah negara telah menyebabkan lonjakan kebutuhan akan produksi masker. Jumlah orang yang memakai masker pun meningkat daripada biasanya. Menggunakan masker juga dikatakan sebagai tindakan pencegahan untuk menghalau masuknya virus dalam tubuh.

Menurut profesor Nishimura selaku direktur dalam bidang peneliti virus di rumah sakit nasional Sendai Medical Center, ia mengatakan bahwa virus tidak langsung keluar dalam jumlah besar dalam satu kali batuk dan bersin. Namun, jika batuk atau bersin tersebut dilakukan dalam intensitas yang sering, semakin banyak pula virus dilepaskan. Kita pun tidak dapat melihat dimana virus tersebut menyebar dan berkembang. Maka dari itu, menggunakan masker menjadi sangat disarankan agar virus tidak ikut masuk melalui pernapasan. Masker digunakan sebagai alat filtrasi yang menyaring udara buruk di sekeliling kita. Tapi pastikan, hidung mulut sampai dengan dagu harus tertutup benar oleh masker. Jangan sampai ada celah di sana.

Fungsi lain dari masker

Pada dasarnya, kegunaan dari masker ini sangatlah beragam karena disesuaikan dengan kebutuhan manusia. Di Jepang sendiri, selain digunakan untuk kesehatan, masker juga erat kaitannya dengan masalah kehidupan sehari-hari. Pada golongan anak muda misalnya, mereka mempergunakan masker untuk tujuan yang berbeda. Menurut Jun Fujikake, seorang psikolog remaja, ia mengatakan bahwa anak-anak muda cenderung menggunakan masker supaya tidak diganggu oleh orang lain. Mereka yang umumnya suka berkomunikasi secara tidak langsung seperti dari media sosial, biasanya tidak akan nyaman jika ada seseorang menghampiri saat di tempat umum.

Fungsi lainnya adalah untuk menghadapi cuaca yang dingin. Mereka menjaga suhu tubuhnya dengan menggunakan masker agar tetap hangat dan tidak menimbulkan flu. Alasan kecantikan juga ikut bergerak disini. Mereka yang takut jika wajahnya terpapar debu dan kotoran akan memilih masker untuk perlindungan diri. Sementara itu, beberapa orang juga memilih masker untuk melengkapi style mereka. Aneka jenis masker yang unik pun akhirnya banyak bermunculan.

 

Jenis-jenis masker

Jenis masker di bawah ini bukan hanya untuk perlindungan kesehatan, tapi bisa digunakan agar tetap stylish, nyaman, dan juga hiburan karena bentuknya yang anti mainstream. Yuk, langsung cek aja jenis berikut Goodpeeps :


1. Maskernya artis Korea

(Pitta mask)

PITTA MASK merupakan masker buatan Jepang yang juga sangat terkenal di Korea Selatan. Hal ini diakibatkan oleh banyaknya artis-artis di sana yang menggunakan merek tersebut. Warna yang ditawarkan dari masker ini pun sangat beragam. Namun warna hitam merupakan best seller karena banyak artis sering menggunakannya.

2. Masker khusus make up

(Cho-rittai Mask)

Cho-rittai Mask adalah salah satu masker yang mempertimbangkan tingkat kenyamanan dari pengguna. Masker ini merupakan salah satu produk buatan Unicharm. Dilengkapi dengan teknologi berstruktur khusus mampu membuat lipstik atau make up tidak menempel pada bagian masker.

 

3. Masker astronot

(Nogizaka46 mask)

Dalam industri hiburan, idol Jepang nampaknya memiliki dampak yang cukup besar dalam mempengaruhi tren yang muncul. Seperti Nogizaka46 misalnya. Baru-baru ini mereka merilis album baru dengan konsep astronot. Helm astronot yang digunakan tersebut dianggap mampu dijadikan sebagai pengganti masker untuk melindungi diri dari virus, ujar para warganet di Jepang.

 

4. Masker dengan wajah custom

(Real-F Mask)

Salah satu perusahaan bernama Real-F Mask yang berada di Otsu, prefektur Shiga, memproduksi masker yang tak biasa. Mereka memproduksi masker dengan bentuk wajah yang realistis. Wajah ini dapat disesuaikan dengan bentuk yang diinginkan atau custom. Ide tersebut muncul dari Osamu Kitagawa selaku presiden di perusahaan itu. Ia tertarik untuk membuat produk dengan gambar 2 dimensi yang dapat dijadikan model 3 dimensi.

 

Nah, kira-kira itulah informasi seputar masker. Kalau kamu sendiri, mau gunakan yang mana nih? Masker kesehatan, masker untuk style atau masker yang unik? Apapun itu, harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi ya, Goodpeeps.


Source

Recommended Articles