17

JUL 19

Tim writer GoodLife

Supaya Nggak Dicap Social Climber, Lakukan 5 Hal Ini Saat Bersosmed

Apa kamu termasuk di antaranya? hmm..

Istilah social climber atau panjat sosial sedang tren di media sosial.

Sayangnya, banyak yang menyebut konotasi istilah ini menjurus ke arah yang negatif, yaitu perilaku seseorang yang berusaha meningkatkan status sosialnya untuk menarik perhatian.

Salah satu cirinya adalah sering mengunggah foto barang branded atau kemewahan dan biasanya hal itu justru tidak berbanding lurus dengan kehidupan aslinya.

Orang dengan perilaku pansos ini ingin status sosialnya dinilai lebih tinggi dari yang sebenarnya dengan rajin posting misalnya menginap di hotel, liburan, makan di café, atau saat shopping di mall.

Memang sih, nggak ada aturan jelas soal apa yang boleh dan nggak boleh di-posting di media sosial. Namun biasanya apa yang ‘dipamerkan’ sosial climber ini cukup mengganggu orang lain, bikin iri, atau malah jadi bahan perguncingan.

Nah supaya nggak dicap sosial climber, kamu bisa lakukan hal - hal berikut ini saat bersosmed.

 

1. Jangan Over Sharing

Sah-sah aja untuk pamer sedikit kemewahan, misalnya liburan, nginap di hotel berbintang. Tapi bukan berarti kamu bisa membombardir feed dengan semua foto-foto pamer kemewahan tadi.

Jika terlalu sering posting kemewahan tadi, orang-orang pasti langsung mencap kamu sebagai social climber. Lama-lama mereka malas lihat feed kamu.

 

2. Caption Bermanfaat

Misalnya saat posting liburan ke New Zeland atau main salju di Jepang, sertakan juga caption yang bermanfaat bagi yang membacanya. Misalnya beri tips atau informasi bagaimana cara ke sana pakai angkutan umum, apa yang harus disiapkan atau barang yang perlu dibawa.

Dengan begitu, orang yang melihat fotomu dan membaca caption-nya merasa mendapat informasi yang penting dan bermanfaat.

 

3. Think Before Posting

Pikir lagi deh apa yang akan kamu posting apakah bermanfaat bagi orang yang melihatnya. Posting barang-barang branded, apakah tidak menyinggung orang yang sedang kesusahan? Atau malah kamu akan terlihat norak? 

 

4. Tonjolkan Sisi Art-nya

Saat berfoto dengan latar Menara Eiffel, coba dengan tonjolkan sisi art dari foto kamu. Alih-alih memanjang foto close up kamu, coba lebih tunjukkan keindahan Menara Eiffel dan pemandangan sekitarnya.

Orang-orang yang melihat pasti akan sangat menikmati foto yang kamu posting tadi. Tenang, mereka juga pasti tahu kalau kamu lagi liburan ke Paris, kok.

 

5. Bebas Tapi Terbatas

Ada yang bilang, ‘ini kan akun saya, bebas dong mau posting apa aja.’ Memang benar itu akun kamu, tapi tetap aja kebebasan kamu juga ada batasnya. Orang yang membuka media sosial juga ingin mendapat sesuatu yang bermanfaat, bukan cuma melihat orang hobi pamer kemewahan.

Recommended Articles