08

APR 20

Tim writer GoodLife

Manfaat Himalayan Salt, Si Garam Sehat Berbentuk Kristal Pink

Garam menjadi bahan utama yang paling sering digunakan ketika memasak. Garam yang paling sering kita gunakan adalah garam dapur atau garam halus. Bukan hanya garam halus saja, kemungkinan kamu sudah pernah mendengar tentang jenis-jenis garam lainnya seperti garam laut ataupun garam himalaya.

Garam himalaya memiliki keunikan yang terletak pada warnanya, tidak seperti garam lain yang umumnya berwarna putih, garam ini memiliki warna merah muda atau pink yang bisa membuat makanan menjadi lebih menarik secara visual. Warna pink pada garam ini bukan didapat dari pewarna melainkan berasal dari kandungan zat besi di dalamnya.

Himalayan salt

Tidak seperti garam lain yang melewati banyak proses, garam himalaya merupakan jenis garam paling murni dan berasal dari lapisan garam laut yang mengkristal kemudian terkubur di bawah tanah dan ditutupi oleh lahar, es, dan salju. Tidak heran bila harga garam ini jauh lebih mahal daripada garam dapur yang sering kita gunakan.Namun meski harganya mahal, banyak orang yang mencari garam ini karena berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan.

1. Menyeimbangkan pH tubuh

Garam himalaya memiliki kandungan natrium yang mampu menetralkan asam dalam tubuh sehingga pH dalam tubuh menjadi seimbang. Keseimbangan pH mampu mencegah penyakit seperti batu ginjal dan penurunan sistem imun tubuh.

 

2. Mampu mengontrol tekanan darah

Pandangan masyarakat tentang garam biasanya tidak baik untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi, tapi sebaliknya, garam himalaya mampu meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Karena itu, jika dikonsumsi dengan kadar yang pas, maka garam ini efektif dalam menurunkan hipertensi.

 

3. Mengandung banyak mineral

Garam himalayan ini mengandung banyak sekali mineral. Dilihat dari warnanya, garam ini mengandung 80 mineral yang berbeda selain kandungan zat besi yang memberikan warna merah muda, garam himalayan juga juga mengandung mineral magnesium, kalium, kalsium, klorida, fosfor, seng, selenium, yodium, fluoride, dan masih banyak lagi yang lainnya, mineral - mineral itulah yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Namun sebesar 97% garam himalayan terdiri dari natrium klorida dan 3% sisanya adalah mineral lain dalam konsentrasi kecil.  

 

4. Mengatasi jerawat meradang

Mengatasi Jerawat Meradang

Manfaat garam himalaya untuk kecantikan adalah mengatasi jerawat yang sedang meradang. Garam himalaya dikenal memiliki antimikroba, antiinflamasi dan magnesium yang membantu melawan infeksi pada kulit wajah.

 

5. Mencegah dehidrasi dan kram otot

Dengan kandungan elektrolitnya, garam himalaya mampu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Bahkan kandungan elektrolit tersebut juga bisa membantu mengatasi kram pada otot.

 

Nah, selain dijadikan sebagai bahan makanan, ternyata garam himalaya menjadi salah satu jenis garam yang direkomendasikan sebagai bath salt karena memiliki efek detoksifikasi yang membantu tubuh mengeluarkan racun. Gimana, tertarik untuk mencoba?

 

Baca Juga : Garam Laut dan Manfaatnya, Bisa Menghilangkan Pegal Juga!

Recommended Articles