12

APR 20

Tim writer GoodLife

Percantik Diri, Ini Manfaat Kolagen Yang Perlu Kamu Ketahui

Kolagen biasanya diketahui sebagai salah satu kandungan protein yang sering ditemukan pada produk-produk skincare maupun pada treatment di klinik-klinik kecantikan, karena itu kolagen ini biasanya identik dengan perempuan. Padahal kolagen sendiri merupakan komponen utama dari tubuh manusia, secara keseluruhan 30 persen tubuh kita terdiri dari protein, dan dari 30 persen protein itu, 90 persennya adalah kolagen.

Kolagen adalah asam amino rantai pendek yang terdiri dari glisin dan prolin, karena strukturnya yang keras dan berserat, kolagen tidak hanya memperkuat jaringan sel rambut, kulit, dan kuku, tetapi juga jaringan otot tendon, ligamen, dan tulang.

Tubuh kita sebenarnya dapat memproduksi sendiri kandungan kolagen ini, tapi ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi produksi kolagen dalam tubuh kita misalnya tingkat stres, kekurangan paparan sinar matahari, merokok dan gangguan autoimun yang dapat memperlambat produksi kolagen. Pada wanita lanjut usia, perubahan hormon pada menopause juga mempengaruhi produksi kolagen karena fibroblast (sel-sel yang membentuk kolagen) menjadi kurang aktif seiring bertambahnya usia. Studi menunjukkan bahwa produksi kolagen mulai melambat sekitar umur 25-30 tahun dan berkurang 1 persen setiap tahunnya.

Manfaat Kolagen

Manfaat Kolagen

Kolagen terkenal dengan manfaatnya untuk mengurangi kerutan dan merawat kulit agar lebih elastis, meningkatkan kelembaban, dan membantu regenerasi sel kulit baru sehingga kecantikan wajah menjadi halus dan cerah.  Karena berkaitan dengan kesehatan kulit, kolagen dipercaya dapat membuat wanita menjadi lebih awet muda. 

Selain itu, kolagen juga dapat menjadi solusi untuk salah satu masalah kesehatan utama pada wanita lanjut usia, osteoporosis. Studi menunjukkan bahwa penambahan kolagen dalam makanan dapat memperlambat siklus pengeroposan tulang, yang berarti wanita bisa tetap lebih aktif dan tidak takut patah tulang. Jumlah kolagen yang tepat dalam tubuh dapat menciptakan elastisitas yang besar pada tendon dan ligamen dan dapat membantu metabolisme otot, pemulihan lebih efisien, dan mencegah cedera.

Makanan Mengandung Kolagen

Makanan mengandung kolagen 1

Untuk menunjang produksi kolagen dalam tubuh, kamu bisa mencoba konsumsi beberapa makanan yang kaya akan kandungan kolagennya seperti

  • Ikan salmon, makarel, tuna atau kulit ikan
  • Sayur-sayuran berwarna merah seperti tomat, wortel
  • Sayuran hijau seperti bayam
  • Buah berry-berryan
  • Kacang-kacangan seperti kacang mete, kacang polong

Sepertinya makanan tersebut mudah didapatkan ya goodpeeps, yuk mulai sekarang pilih makanan tersebut sebagai asupan harian kamu.

Recommended Articles