11

APR 20

Tim writer GoodLife

10 Jenis Kacang-Kacangan Yang Sehat Dikonsumsi

Goodpeeps, secara umum, kacang-kacangan adalah sumber lemak, serat dan protein yang baik. Kandungan  lemak dalam kacang adalah lemak tak jenuh tunggal, serta lemak tak jenuh ganda omega-6 dan omega-3. Kacang juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral, termasuk magnesium dan vitamin E.

Banyak penelitian telah menyelidiki manfaat kesehatan dari asupan kacang, salah satunya adalah diet dengan mengonsumsi kacang-kacangan ternyata tidak secara signifikan mempengaruhi kenaikan berat badan atau penurunan berat badan 

Meskipun memiliki sedikit efek pada berat badan, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan kacang mempunyai hidup lebih lama daripada mereka yang tidak. Ini mungkin karena kemampuan mereka untuk membantu mencegah sejumlah penyakit kronis, di antara lain:

  • Tekanan darah tinggi dan kolesterol
  • Meningkatkan kadar gula darah
  • menurunkan risiko kanker tertentu

Seperti diketahui ada banyak jenis kacang-kacangan di dunia, namun tidak semua kacang-kacangan tersebut baik dan sehat jika dikonsumsi secara terus menerus. Kali ini Goodlife punya beberapa list kacang-kacangan yang lebih baik dan sehat untuk dikonsumsi

 

1.  Almond

Selain menjadi sumber serat dan protein yang solid, almond juga terbukti membantu menurunkan peradangan di tubuh dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Almond mengandung vitamin E yang tinggi dan dipercaya bisa menurunkan resiko kanker usus.

 

2.  Kacang Brazil

Meskipun terdengar asing bagi kita namun kacang ini mengandung banyak selenium, mineral yang terlibat dalam produksi hormon tiroid dan antioksidan untuk melindungi kita terhadap kanker

 

3.  Kacang Mede

Selain sebagai campuran coklat Kacang mete memiliki lebih banyak zat besi daripada kacang lainnya. Zat besi memiliki peran dalam proses metabolisme tubuh, pertumbuhan dan perkembangan fungsi normal sel-sel tubuh, serta pembentukan hormon dan jaringan ikat.

 

4.  Kacang Macadamia

Kacang Macadamia kaya akan thiamin atau vitamin B1 dan mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat yang biasa ditemukan dalam alpukat dan minyak zaitun

 

5.  Kacang Tanah

Kacang yang banyak dijumpai di Indonesia ini mengandung sumber protein yang baik, banyak vitamin dan mineral yang berbeda seperti magnesium dan fosfor. 

 

6.  Pistachio

Memiliki kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi. Pistachio adalah salah satu kacang dengan konsentrasi antioksidan lutein dan zeaxanthin, keduanya baik untuk meningkatkan kesehatan mata.

 

7.  Kacang Kenari

kacang kenari

Kacang kenari adalah kacang super yang mengandung asam lemak omega-3 yang sangat penting dalam makanan dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Meskipun lebih tinggi kalori dan lemak daripada kacang lainnya, Kenari mengandung lemak sehat yang dibutuhkan tubuh.

 

8.  Kacang Pecan

Kacang pecan adalah salah satu sumber makanan vitamin E yang paling terkenal. Pecan juga merupakan sumber thiamin, vitamin B yang berperan penting dalam metabolisme energy.

 

9.  Kacang Pinus

Kacang pinus adalah sumber vitamin E dan K yang baik juga zat besi dan magnesium. Kacang pinus mengandung hampir delapan gram zat besi per cup, jadi mereka adalah sumber mineral yang baik bagi tubuh

 

10.  Hazelnut

Hazelnut adalah sumber vitamin E, tembaga, mangan, dan antioksidan yang baik. Antioksidan mereka bahkan terbukti membantu mengurangi kolesterol dan peradangan. Nikmati hazelnut sebagai camilan, atau tambahkan hazelnut panggang ke hidangan sayuran, salad, dan pasta.

 

Ada kacang favorit mu di daftar ini?

 

Source

Recommended Articles