09

APR 20

Tim writer GoodLife

Langkah Aman Ketika Harus Belanja di Saat Pandemik

Saat adanya wabah ini, pemerintah memberikan batasan-batasan tertentu yang mengakibatkan kita tidak bebas dalam bergerak. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak terpapar oleh corona virus yang bisa jadi kita temui di tempat umum. Namun, pasti ada kalanya kita pun harus pergi ke luar rumah saat kondisi mendesak seperti saat kehabisan bahan kebutuhan ya, Goodpeeps.

Berikut ini beberapa langkah-langkah yang baik dilakukan untuk mengurangi risiko tertular dari virus.

 

Saat berbelanja di supermarket

Berbelanja di supermarket( Image : Berbelanja di supermarket )

Charlotte Baker, seorang profesor dari perguruan tinggi di Virginia-Maryland, beliau menjelaskan bahwa risiko terbesar saat berada di supermarket adalah melakukan kontak dengan orang lain yang sakit. Maka dari itu, tindakan pencegahannya adalah dengan menjaga jarak atau social distancing. Tetapi masalah lainnya virus tersebut dapat menempel pada berbagai macam permukaan yang ada pada setiap produk.

Sebuah studi di New England menemukan bahwa virus tersebut dapat menempel pada permukaan plastik dan stainless steel hingga 72 jam. Lalu pada benda semacam kardus, virus bertahan hingga 24 jam lamanya.

Tindakan preventif:

  • Membuat data untuk barang kebutuhan apa saja yang harus dibeli, hal ini bertujuan agar kita tidak banyak menyentuh benda yang berpotensi memiliki virus.
  • Bersihkan permukaan troli atau keranjang belanja. Bersihkan terlebih dahulu permukaan yang tersentuh tangan menggunakan tisu desinfektan. Saat sudah selesai berbelanja, segera untuk mencuci tangan.
  • Sekembalinya di rumah, segera bersihkan barang-barang belanjaan tersebut. pisahkan barang dengan plastik pembungkusnya.
  • Untuk buah dan sayur, kita bisa membersihkannya menggunakan air. Jika memilih untuk menggunakan sabun, bilas sayur dan buah tersebut sampai benar-benar bersih agar aman saat dikonsumsi. Disarankan untuk menggosoknya selama 20 detik.
  • Selanjutnya, untuk produk lain kita bisa bersihkan menggunakan disinfektan pada permukaan luar atau bagian yang membungkusnya.

 

Saat memesan makanan melalui aplikasi online

Pesan makanan via aplikasi online( Image : Pesan makanan melalui aplikasi online )

Demi menjauhkan diri dari kerumunan orang dan tempat umum, memesan makanan melalui ojek online pun  dapat dilakukan agar kita tetap aman berada di rumah. Hal ini juga kemudian dibenarkan oleh Dr. Jeff Kwong, seorang Ilmuwan dari Public Health Ontario di Universitas Toronto. Beliau mengatakan bahwa agar proses pengiriman makanan menjadi aman, sebuah perusahaan harus mengeluarkan kebijakan pada setiap kurir yang mengantar makanan tersebut untuk melakukan tindakan preventif guna mencegah virus corona.

Beberapa tindakan preventif ini yaitu :

  • Mengantarkan makanan tanpa berkontak langsung antara kurir dan pemesan. Pemesan bisa meminta kurir untuk meletakkan makanan di tempat yang aman atau di tempat yang telah disetujui bersama.
  • Melakukan pembayaran melalu e-wallet. Hal ini agar mengurangi risiko terpaparnya virus dari uang secara langsung yang tentu saja sudah disentuh oleh banyak orang.
  • Segera pisahkan makanan dengan pembungkusnya dan cuci tangan.

 

Saat menerima paket

Saat menerima paket

( Image: Menerima paket/blibli.com )

Lagi-lagi untuk menghindari keramaian, kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada seperti melakukan pembelanjaan online. Barang yang kita pesan melalui e-commerce tentu akan dikirimkan dalam bentuk paket. Nah, untuk tetap aman saat menerima paket tersebut, kita bisa melakukan beberapa cara berikut sebagai tindakan preventif :

  • Usahakan menerima paket tanpa kontak langsung. Kita bisa berkoordinasi dengan kurir untuk meletakkan paket di depan pintu atau pagar.
  • Bukakan paket di luar rumah.
  • Pembungkus dari paket dibuang ke tempat yang aman.
  • Semprot barang dengan cairan desinfektan.
  • Terakhir, segeralah untuk mencuci tangan.

 

Well, mungkin cara-cara diatas terlihat sedikit merepotkan, namun percayalah goodpeeps, pencegahan lebih baik daripada mengobati. ~

 

Recommended Articles