16

APR 20

Tim writer GoodLife

Kaya Antioksidan, Ini Manfaat Ceri Yang Belum Kamu Tahu

Buah ceri yang biasa kita temukan sebagai hiasan kue, ternyata kaya akan manfaat baik untuk tubuh kita juga lho.

Buah ceri memang kurang menonjol jika dibandingkan dengan buah jeruk dan apel, tetapi banyak yang tidak tahu kalau kandungan di buah ceri baik untuk kesehatan kita. Dijuluki sebagai salah satu superfood, bahkan ceri memiliki nilai obat tertinggi karena kaya akan antioksidan, anti inflamasi dan berguna dalam pencegahan serta pengobatan asam urat.  Kandungan dalam satu cup buah ceri antara lain; 51 kalori, 0.3g lemak, 12.5g karbo, 8.7g gula dan 1gr protein.

 

Baca juga: Kenalan Dengan Ciplukan Superfood Untuk Booster Imunitas Tubuh

 Selain kandungan tersebut beberapa manfaat buah ceri antara lain;

1.  Antioksidan dan anti inflamasi

Buah ceri banyak mengandung antioksidan yang sangat baik yang dapat membantu memerangi oxidative stress untuk berbagai penyakit kronis dan penuaan dini. Pelifanol yang dikandung di dalamnya juga sangat membantu dalam memerangi kerusakan sel dan peradangan. Selain itu kandungan pigmen karotenoid seperti beta-karoten dan Vitamin C juga berperan dalam anti inflamasi dan antioksidan. 

 

2.  Meningkatkan kesehatan jantung

Menurut healthline.com, banyak penelitian yang menunjukan diet kaya buah-buahan bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Kandungan nutrisi dan senyawanya dikenal untuk meningkatkan kesehatan jantung, termasuk antioksidan kalium dan polifenol. Dengan minum delapan ons jus buah ceri dapat membantu menurunkan trigliserida (tingkat tinggi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung) menurut Food & Function

 

3.  Membantu tidur

Dengan mengonsumsi buah ceri atau minum jus ceri dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Ceri mengandung melatonin yaitu hormon yang bisa mengendalikan siklus tidur kamu. Sebuah studi terhadap 20 orang menunjukan mereka yang mengonsumsi jus ceri selama 7 hari mengalami peningkatan yang signifikan dalam kadar melatonin, durasi tidur dan kualitas tidur. Walaupun penelitian ini menggunakan ceri pekat, masih dibutuhkan studi lebih lanjut apa makan fresh ceri sebelum tidur memilikiefek yang sama. Tidak banyak makanan yang mengandung melatonin ini tetapi buah ceri memiliki kandungan tersebut. 

 

4.  Meningkatkan kinerja olahraga dan pemulihan cidera 

Jus ceri telah terbukti meningkatkan kinerja olahraga dan pemulihan pasca-latihan. Antioksidan ceri juga dapat membantu mengurangi rasa sakit setelah berolahraga, menurut ahli nurtisioner Sonya Angelone, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics. Meta-analysis menemukan bahwa mengonsumsi jus atau bubuk ceri sebelum bersepeda, berenang, atau berlari secara signifikan meningkatkan daya tahan saat olahraga.

 

5.  Menyehatkan usus

Kandungan montmorency ceri mungkin memainkan peran baik dalam kesehatan usus, karena mengandung serat yang baik untuk kesehatan usus dan membuat pencernaan lancar.

 

6.  Membantu menurunkan berat badan

Buah ceri memiliki rasa yang manis dan manfaat makanan manis adalah bisa memperlambat waktu atau jam makan. Kamu bisa mengonsumsinya langsung atau sebagai campuran smoothie favoritmu.

 

7.  Meningkatkan kekebalan tubuh

Ceri kaya akan antioksidan vitamin C (satu cup mengandung 10 miligram) hampir 15 persen dari kebutuhan harian. Diimbangi dengan diet sehat dan olahraga teratur membuat vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat

 

8.  Membantu memperbaiki kulit

Kandungan antioksidan dan juga vitamin c bisa meningkatkan kesehatan kulit dan menangkal radikal bebas yang bisa merusak kesehatan kulit

 

Jadi berdasarkan manfaat di atas buah ceri sangat bergizi dan menawarkan sejumlah manfaat kesehatan. Terlebih lagi rasa manis dan asam yang lezat dapat digunakan dalam berbagai resep.

Mulai sekarang, masukan buah ceri ke dalam daftar belanja kamu ya.



Source

Recommended Articles