21

APR 20

Tim writer GoodLife

Susah Lepas Dari Ponsel? Ini Bahaya Penggunaannya Yang Harus Diwaspadai

Goodpeeps, sepertinya penggunaan smartphone akhir-akhir ini semakin meningkat ya. Padahal sudah bukan rahasia lagi bahwa ponsel atau smartphone memiliki radiasi yang berbahaya bagi kesehatan. Pada usia produktif (18-44 tahun) biasanya menghabiskan paling tidak selama 2 jam sehari untuk berkomunikasi melalui teks atau media sosial. Bahkan hampir 80% nya mengecek ponsel setiap 15 menit. Nah, siapa yang seperti ini?

Seperti yang dilansir oleh curejoy.com kecanduan akan smartphone biasanya ditandai oleh perilaku seperti ini:

  • Rasa cemas, menjadi tidak sabar dan stress bila tidak mendapat balasan secara instan
  • Menjadi pemarah dan perasaan seperti di negeri antah berantah jika jauh dr ponsel dalam waktu lama
  • Menjadi kurang fokus, karena harus selalu melihat ponsel
  • Menunda tidur untuk mengirim pesan atau bahkan hanya sekedal melihat-lihat social media
  • Menjadi tidak produktif dan malas karena lebih asik dengan ponsel

Apa kamu mengalami ciri-ciri di atas? Untuk lebih jelasnya yuk coba kita pahami satu-satu dampak dari kecanduan penggunaan ponsel:

 

1.  Menyebabkan stress, cemas dan depresi

Kecanduan bermain ponsel atau hp bisa mengakibatkan stress hingga depresi apabila kamu terlalu sering mengecek ponsel dan tidak bisa jauh dari ponsel. Sress dan depresi juga bisa dikarenakan terlalu kecanduan menggunakan media social dan mulai membandingkan diri sendiri dengan orang lain

2.  Mengganggu pola tidur

(sumber : kompas)

Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan cahaya di ponsel menyebabkan tidur remaja menjadi tidak teratur, pendek dan tertunda bahkan menyebabkan insomnia. Padahal esok paginya kita sudah harus kembali beraktivitas, baik itu sekolah atau kerja, jika itu terjadi maka ritme sirkadian atau  keseimbangan tidur/bangun dan jam biologis tubuh ikut terganggu. 

Perlu kamu ketahui ritme sirkadian ini selain siklus tidur-bangun, juga mempengaruhi pelepasan hormon, kebiasaan makan, suhu tubuh dan fungsi tubuh lainnya. Jadi secara tidak langsung, pengunaan smartphone terlalu sering bisa mengganggu kesehatan secara keseluruhan.

3.  Menurunkan perhatian, konsentrasi dan kinerja akademik

Penelitian mengungkapkan bahwa keberadaan ponsel di sekitar kita dapat menyebabkan tingkat konsentrasi dan perhatian kita menurun terutama di dunia nyata sekitar kita karena kita lebih fokus dengan ponsel

4.  Postur badan memburuk

Terlalu sering melihat ke ponsel dalam jangka panjang bisa menyebabkan cedera pada struktur tulang belakang leher dan pinggang serta ligamen.  Kemuadian berdampak pada perubahan dalam bentuk dan biomekanik tulang rusuk yang bisa menyebabkan masalah dengan pernapasan

5.  Gangguan penglihatan

Dampak dari radiasi yang ditimbulkan layar ponsel bisa menyebabkan rabun dekat terutama bagi yang sering membaca ebook atau teks panjang di ponsel.Selain rabun dekat radiasi layar ponsel juga dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan yang ada di mata terutama retina.

6.  Meningkatkan resiko kanker

Ponsel bisa memancarakan radiasi yang bisa diserap oleh jaringan yang dekat dengan area kontak. Selain itu anak-anak ternyata lebih beresiko terkena radiasi daripada orang dewasa karena sistem saraf mereka yang masih berkembang oleh karena itu sebaiknya orangtua membatasi anak dalam penggunaan ponsel.

Tips Menggunakan Ponsel 

Walaupun efek negatif nya banyak, namun bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan ponsel ya, apalagi di saat-saat ini ketika informasi berubah sangat cepat. Namun, sebaiknya kita bisa menggunakannya dengan bijak

Tips agar bebas dari ketergantungan ponsel dikutip dari curejoy.com

  1. Sisihkan waktu tertentu dalam sehari untuk sepenuhnya menjauh dari ponsel
  2. Jauhkan ponsel dari tempat tidur dan gunakan jam alarm sungguhan untuk membangunkan tidur
  3. Mematikan ponsel sebelum mulai mengemudi
  4. Mintalah seseorang untuk mengingatkan dan mendisplinkan kamu jika terasa sulit untuk menjauh dari ponsel dalam waktu yang lama
  5. Cobalah hobi baru dan habiskan waktu dengan cara yang lebih produktif
  6. Istirahatkan mata selama 20 detik setiap 20 menit dan lihatlah sesuatu yang berjarak sekitar 5-10 meter agar mata tidak tegang

 

Source

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Wajah Cepat Tua, Selfie Salah Satunya, lho !

Recommended Articles