24

APR 20

Tim writer GoodLife

Mengenal Jenis Buah Kurma Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Goodpeeps, kebanyakan dari kalian pasti sudah pada kenal yang namanya buah kurma.

Buah ini menjadi salah satu buah yang dicari saat bulan ramadhan tiba. Disini Goodlife akan kasih info tentang jenis dan manfaat dari buah kurma, yuk kita simak.

 

Apa itu buah kurma?

Kurma yang memiliki nama latin Dactyfera phoenix adalah buah yang berasal dari Teluk Persia dan dulu banyak ditemukan di sungai Nil dan Eufrat. Dan pohon kurma sekarang telah banyak dibudidayakan di berbagai wilayah di semua benua termasuk Afrika, Australia dan Amerika.

Kurma biasa dijadikan sebagai takjilan saat berbuka puasa, gak perlu banyak-banyak kamu cukup memakan tiga butir buah kurma sudah bisa mengembalikan energi kamu yang hampir hilang setelah seharian berpuasa.  

Jenis Kurma

Buah kurma yang kaya akan nutrisi menguntungkan ini, secara umum kandungan utamanya adalah 70% karbohidrat sederhana ( terutama gula seperti fruktosa dan sukrosa). Kurma juga mengandung beberapa nutrisi lainnya, seperti kalium, tembaga, magnesium, mangan, vitamin B6, zat besi, protein dan serat.

Bukan hanya itu, kurma juga kaya akan asupan kalsium, zat besi, vitamin K, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, anthocyanin.

 

Apa sih manfaat dari buah kurma?

Buah yang mempunyai rasa manis ini, ternyata mempunyai banyak manfaatnya lho goodpeeps.

Berikut beberapa manfaat kurma untuk kesehatan tubuh :

 

1. Meningkatkan kesehatan tulang

2. Menjaga kesehatan pencernaan

3. Meningkatkan kesehatan jantung

4. Mencegah resiko diabetes

5. Mencegah anemia

6. Menangkal radikal bebas

7. Membantu menurunkan berat badan

8. Melancarkan persalinan

9. Baik untuk kesehatan daya ingat atau kerja otak

10. Mencegah kanker lambung

11. Membantu mencukupi kebutuhan air dalam tubuh

12. Menanggulangi alergi

 

Lalu, apa saja jenis buah kurma?

Ada banyak jenis kurma di dunia ini, bahkan di Arab Saudi ada sekitar 400-an jenis kurma. Dari sekian banyak jenis kurma, Goodlife kasih beberapa jenis buah kurma yang terkenal di Indonesia, yaitu :

 

1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa

Kurma ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan kering di dalam mulut dan memiliki rasa yang mirip dengan kismis dan tidak terlalu manis. Kurma ini dianggap spesial karena kurma ini sering dikonsumsi oleh nabi Muhammad SAW.

 

2. Kurma Thoory

Kurma Thoory atau biasa disebut “kurma Roti” ini berasal dari Aljazair, kurma ini adalah jenis kurma kering yang memiliki tekstur kulit kencang dengan daging kenyal.

 

3. Kurma Halawi

Kurma Halawi

Kurma halawi adalah jenis kurma yang lembut dan memiliki rasa yang manis mirip seperti madu. Kurma ini berukuran kecil hingga sedang dengan kulit berwarna coklat keemasan dan daging buah yang lunak. Kurma ini juga bisa dikonsumsi secara langsung setelah dipetik dari pohonnya.

 

4. Kurma Medjool

Kurma Medjool mungkin yang paling sering didengar di telinga kita, banyak orang yang mencari kurma ini, karena buahnya yang paling besar dan berdaging lebih tebal dibandingkan dengan kurma yang lain. Namun walaupun tebal, tekstur dagingnya lunak dan lembut, sedikit berserat ketika digigit. Rasanya pun legit dan tidak terlalu manis.

 

5. Kurma Deglet Noor

Kurma Deglet Noor

Kurma deglet noor dalam bahasa Indonesia berarti “Kurma yang bercahaya” karena buahnya berwarna emas atau terang ketika terkena paparan sinar matahari.

Kurma ini termasuk dalam kategori semi lunak. Tekstur kulitnya yang halus dan lembut,serta daging yang kenyal dan rasanya pun manis seperti madu.

 

Nah goodpeeps, semua jenis kurma sama manfaatnya kamu sudah tau kan?, sekarang kamu tinggal pilih sesuai selera kamu yaaa.

 

Recommended Articles