26

APR 20

Tim writer GoodLife

Variasi Resep Makanan Untuk Menemani Waktu Sahur dan Berbuka

Memasuki bulan Ramadhan pasti sebagian orang sudah mulai membeli dan menyetok bahan makanan untuk keperluan saat berbuka dan makan sahur. Beberapa orang juga mungkin lebih memilih jenis makanan cepat saji yang praktis membuatnya. Tapi daripada membuat makanan cepat saji atau membeli makanan dari luar, tidak ada salahnya kita memasak sendiri di rumah. Saat memasaknya sendiri, kita menjadi lebih mudah menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Apalagi saat berpuasa, tubuh harus tetap mendapatkan asupan yang cukup supaya berenergi dan dapat aktif melakukan aktivitas seperti biasanya.

Beberapa resep berikut ini bisa banget dicoba nih, Goodpeeps. Apalagi, hanya menggunakan 1 adonan resep ini bisa dibuat 2 jenis makanan yang berbeda. Cocok banget buat saat berbuka dan makan sahur agar lebih bervariasi.

 

1.  Bakso Kuah dan Perkedel Daging

Daging kaya protein, vitamin serta mineral yang bermanfaat memperkuat daya tahan tubuh dan meningkatkan konsentrasi. Cocok banget sebagai menu saat berbuka dan makan sahur.

Bahan-bahan yang diperlukan :

Daging giling, air kaldu, bubuk pala, garam, merica, telur, keju dan tepung roti kasar.

Menu sahur: Bakso Daging Keju

(Image: Bakso Daging Keju / Romy Palar)

Cara membuatnya aduk daging dengan menambahkan bumbu seperti pala, garam, merica. Jangan lupa tambahkan juga telur dan aduk hingga merata. Setelah adonan bakso itu sudah siap, ambil sedikit dari adonan lalu pipihkan. Taruh keju di dalamnya dan bentuk bola. Terakhir, adonan yang sudah dibentuk tersebut direbus dalam air kaldu hingga mendidih.

Menu makan malam: Perkedel Daging

Sisa adonan bakso bentuk bulat tadi kita pipihkan saja. Selanjutnya, celupkan dalam telur kocok lalu gulingkan di atas tepung roti. Goreng sampai matang.

 

2.  Creamy Macaroni dan Pastry Macaroni

Jika kamu bosan makan nasi, maka bisa menggantinya dengan pasta macaroni yang tinggi karbohidrat. Memilih komposisi yang terbuat dari gandum utuh akan semakin baik untuk pencernaan.

Bahan-bahan yang diperlukan :

Kulit pastry siap pakai, kuning telur, wijen hitam untuk taburan, macaroni kecil, cincangan bawang bombay dan bawang putih, daging giling, garam, tomat pasta, saus tomat, cooking cream, basil, parutan keju.

Menu sahur: Creamy Macaroni

Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging giling, aduk sampai berubah warna. Masukkan tomat pasta, saus tomat, garam, merica, cooking cream, dan basil. Aduk semuanya sampai meresap lalu angkat. Tambahkan keju parut.

Menu berbuka: Pastry Macaroni

(Image: Pastry Macaroni / Romy Palar)

Potong-potong kulit pastry berbentuk segi empat dengan ukuran kurang lebih 10 cm. Lalu isi dengan sebagian adonan macaroni tadi. Lipat dua menjadi segitiga. Oles kuning telur dan taburi wijen hitam. Panggang hingga matang.

 

3.  Tumis Daging dan Shepherd Pie

Kentang bukan cuma enak tapi juga kaya akan karbohidrat, vitamin serta mineral. Selain hanya digoreng, cobain yuk Goodpeeps kita upgrade kentang ini menjadi shepherd pie.

Bahan-bahan yang diperlukan :

Kulit pie berupa kentang kukus yang sudah dihaluskan, susu bubuk, keju parut, dan kuning telur.

Lalu, untuk isinya ada daging giling, bawang bombay, paprika merah potong kotak, wortel potong kotak,  garam, merica, kecap inggris, pala bubuk, kacang polong.

Menu sahur: Tumis Daging

Tumis bawang bombay, masukkan daging giling, aduk sampai berubah warna. Masukkan paprika, wortel, garam, merica, kecap inggris, dan pala bubuk. Aduk sampai matang. Tambahkan keju dan kacang polong. Aduk sampai rata.

Menu berbuka: Shepherd Pie

(Image: Shepherd Pie / Romy Palar)

Aduk rata semua bahan kulit berupa kentang kukus yang sudah dihaluskan, susu bubuk, keju parut, kuning telur. Kemudian tata tumisan daging sisa menu berbuka tadi di dalam pinggan tahan panas, lalu tutup dengan adonan kulit. Oles kuning telur lalu panggang selama 20 menit sampai permukaan kecoklatan.

 

Nah, bisa menghemat bahan-bahan makanan kan. Yuk coba masak pakai resep ini, dan share ke kita. :)

Baca juga : 6 Pilihan Menu Lunch Lezat Dan Sehat Di Bawah 500 Kalori

Recommended Articles