28

APR 20

Tim writer GoodLife

Ciri-ciri Kamu Mengalami Burnout Saat WFH dan Cara Mengatasinya

Apa kamu sedang merasa tidak bersemangat dan hilang energi saat bangun tidur di pagi hari? Rasanya seperti tidak ada tenaga untuk melakukan aktivitas termasuk WFH. Hmm, bisa jadi kamu mengalami burnout syndrome

Burnout syndrome adalah kondisi mental dimana kamu mengalami kelelahan secara fisik dan mental akibat akumulasi stress yang berlangsung lama. Burnout bisa terjadi kapan saja terlebih di masa seperti sekarang karena cemas, bosan dan lelah sering muncul ketika bekerja dari rumah. WFH bisa memiliki efek samping bagi para pekerja seperti stress dan kelelahan akibat bekerja secara berlebihan dan suasana yang kurang nyaman.

Selain itu penyebab burnout saat WFH biasanya berhubungan dengan pekerjaan, misalnya ekspektasi dan kenyataan tidak sejalan yang diharapkan, bosan dengan pekerjaan, hingga kewalahan dengan tugas yang tidak ada habis-habisnya dari atasan.

Jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus, kamu bisa kehilangan kehilangan motivasi kerja, produktivtas menurun hingga depresi. Wah jangan dong.

Nah, agar bisa cepat mendapat pertolongan, kenali ciri-ciri jika kamu sedang mengalami burnout terutama saat WFH. 

  • Sulit berpikir dan terjadi perubahan suasana hati
  • Selalu merasa lelah meski sudah beristirahat.
  • Sering sakit, pusing, demam, sakit perut, nyeri otot atau masalah pencernaan.
  • Kehilangan semangat untuk WFH 
  • Mengasingkan diri atau tidak peduli dengan lingkungan teman kerja.
  • Bersikap sinis dan tidak mengerjakan apa yang menjadi tugasnya.

Jika kamu mengalami ciri-ciri di atas gak perlu panik goodpeeps, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan kok untuk meredakan burnout.

1.  Ambil Cuti

Kamu perlu menyegarkan pikiran. Ambil cuti beberapa hari agar pikiran kamu bisa ‘istirahat’ dari segala hal yang berhubungan dengan kantor atau pekerjaan. Saat cuti kamu bisa menenangkan pikiran, melakukan relaksasi dan menghubungi teman atau keluarga.

 

2.  Detoks Media Sosial

Tanpa disadari bermain media sosial dan melihat orang lain bersenang-senang, misalnya kumpul keluarga, makan, masak, shopping atau sekadar nampak bahagia yang membuat kamu merasa iri dan tidak puas pada keadaanmu sendiri. Selain itu media social juga bisa berisi berita-berita negatif terkait pandemic yang bisa memperburuk keadaan kamu. Hal itu semakin memperparah gejala burnout.

 

3.  Memanjakan Diri

Memanjakan diri bisa dilakukan dirumah seperti, menonton film,  melakukan hobi, atau melakukan perawatan diri dirumah. Lakukan lebih sering agar kamu merasakan keseimbangan antara kerja dan kehidupan pribadi.

 

4.  Olahraga

Saat olahraga, tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang membuat kamu lebih rileks dan memberi energi positif. Saat pandemik ini, olahraga lari keliling komplek bisa menjadi pilihan kamu. Asal tetap social distancing ya.

 

5.  Jauhi Teman yang Negatif

Berteman dengan orang yang memiliki aura negatif, pasti membuat kamu juga ikut-ikutan negatif. Sebaiknya pilih teman yang bisa memberimu energi positif dan suportif.

 

6.  Bicarakan Dengan Atasan

Bicarakan dengan atasan soal apa yang menjadi kegelisahan atau keluhanmu selama WFH. Lalu ceritakan pula efek yang kamu rasakan agar atasan bisa memberi jalan keluar. Ambil lah cuti yang dijadwalkan rutin dari pekerjaan, bersamaan dengan memperbaharui exercises kamu, itu bisa sangat membantu dalam mengatasi kelelahan ini.

 

Kelelahan akan mengakibatkan stress, berbahaya dan menjadi hambatan besar pada pekerjaan bahkan kehidupan pribadi mu. Namun kamu gak perlu sampai ke titik itu goodpeeps,  jika kejenuhan sedang menggrogoti kamu, perhatikan di bagian mana kamu merasa menjadi mudah emosi. Periksalah dirimu sendiri dan pastikan kamu memperlakukan dirimu sendiri dengan baik.

Namun jika kamu sudah ada di posisi sangat sulit untuk menemukan jalan keluar, dan merasa memiliki kondisi kesehatan mental seperti depresi, gak perlu ragu untuk mencari bantuan perawatan profesional seperti psikolog.Don't push yourself harder.

 

 

Baca juga : Kegiatan Menyenangkan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Recommended Articles