01

MAY 20

Tim writer GoodLife

Tetap Fit Menjalankan Puasa Dengan Konsumsi Smoothies Saat Sahur

Bulan puasa tahun ini, sepertinya akan berbeda dengan tahun lalu ya goodpeeps. Dengan keadaan sekarang ini yang #dirumahaja, kamu masih bisa mengeksplor kemampuan mu untuk membuat ide-ide kreatif dalam membuat menu-menu untuk sahur. Cobain deh smoothies buah-buahan yang segar, kaya manfaat, dan praktis dibuat.

Sesekali coba deh ubah menu sahur kamu, yang biasanya sahur dengan makan-makanan berat biar tenaganya kuat seharian berpuasa, kini ganti dengan misalnya smoothies kurma atau smoothies beberapa aneka buah.

 

Yakin smoothies cukup mengenyangkan sebagai menu sahur?

Jangan khawatir, ternyata segelas smoothies buah-buahan bisa jadi cukup mengenyangkan sebagai asupan sahur kalian lho goodpeeps, asal dikombinasikan dengan bahan makanan lain seperti :

  • Karbohidrat kompleks - misalnya kacang-kacangan, buah, dan gandum utuh.
  • Lemak tak jenuh - Misalnya sayur, buah, dan kacang-kacangan
  • Serat - misalnya sayur, buah, gandum, sereal.
  • Vitamin dan mineral - misalnya dari buah dan sayur
  • Protein - misalnya, susu sapi, susu kedelai dan yogurt

 

Lalu apa saja ya manfaat mengonsumsi smoothies?

1. Kenyang Lebih Lama

Smoothies buah-buahan kelihatannya ringan namun bisa menjadi asupan kaya protein pembentuk jaringan otot yang membuat kamu kenyang lebih lama jika dicampur bahan-bahan seperti plain yogurt atau susu rendah lemak. 

Kabar baiknya, karena bikin kenyang tahan lama smoothies bisa membantu kamu menurunkan berat badan, lho.

2. Melancarkan Pencernaan

Kandungan air dan serat pada buah-buahan meningkatkan kemampuan saluran cerna sehingga tubuh terhindar dari dehidrasi dan konstipasi (sembelit). Bisa juga tambahkan biji-bijian kaya serat, seperti biji bunga matahari atau flax seed.

3. Meningkatkan Imunitas

Smoothies buah-buahan sangat kaya vitamin antioksidan dan mineral yang membantu tubuh menangkal radikal bebas yang menurunkan daya tahan tubuh.

4. Membuang Racun

Smoothies buah-buahan yang dipadu beberapa sayuran seperti bayam dan kale, atau rempah-rempah seperti jahe dan kayu manis bisa membantu proses detoksifikasi tubuh setelah biasanya bebas melahap aneka makanan. Hasilnya, racun-racun di dalam tubuh bisa terbuang.

 

Penasaran mau coba menu sahur pakai smoothies kurma dan buah lainnya? Yuk, bikin sendiri resep smoothies simpel berikut ini.

 

Kurma Stroberi Smoothies

Kurma stroberi smoothies

Untuk membuat strawberry date smoothies kamu bisa menyiapkan yogurt vanilla, buah stroberi, pisang yang dibekukan, kurma segar, dan ice cube, lalu di blender sampai halus.

Smoothies Kurma Vanili

Smoothies kurma vanili

Agar aromanya lebih wangi kamu bisa menambahkan teh ekstrak vanili ke dalam campuran kurma medjool, yogurt tanpa lemak, susu tanpa lemak dan ice cube lalu blender sampai halus. 

Kurma kaya akan nutrisi menguntungkan, secara umum kandungan utamanya adalah 70% karbohidrat sederhana ( terutama gula seperti fruktosa dan sukrosa). Kurma juga mengandung beberapa nutrisi lainnya, seperti kalium, tembaga, magnesium, mangan, vitamin B6, zat besi, protein dan serat.

Banana Lime Smoothies

Banana lime smoothies

Kamu bisa coba membuat smoothies berbahan pisang yang dibekukan, plain yogurt, dan madu. Boleh juga tambahkan sedikit perasan jeruk nipis untuk sensasi asam yang menyegarkan. 

Utamanya, pisang kaya kandungan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Dalam sebuah pisang mengandung 10 mg vitamin C yang setara 15% rekomendasi vitamin C harian. Serta kaya  potassium sebagai zat penjaga keseimbngan cairan tubuh dan mencegah kram otot setelah olahraga.

Kiwi Apple Smoothies

Kiwi apple smoothies

Campur apel dan kiwi yang sudah dibekukan. Jika lebih suka manis, pilih kiwi gold. Tambahkan air dan madu, lalu blender hingga halus.

Kiwi kaya vitamin C, A, E, K, kalium, asam amino, folat, dan kalsium. Dengan kandungan tersebut kiwi bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan tekanan darah, serta lutein-nya baik untuk kesehatan mata.

Terong Belanda Stroberi Smoothies

Terong belanda smoothies

Karena asam, cukup gunakan 1 buah terong belanda ukuran sedang. Lalu campur stroberi atau blueberry (kalau nggak suka asam), madu secukupnya, serta plain yogurt. Dijamin rasanya bikin ketagihan! 

Terong belanda (tamarillo) kaya vitamin C, E, dan A sebagai antioksidan. Sumber vitamin B kompleks yang meningkatkan daya tahan tubuh. Dan, kandungan fenol, antosianin dan flavonoid-nya ternyata ampuh mencegah stres sekaligus mengatasi penuaan dini pada kulit.

 

Jadi nggak sabar kan, mencoba menu smoothies ini. Siapkan dulu bahan-bahannya hari ini, dan besok tinggal blender nggak sampai 5 menit siap diminum. Selamat mencoba~

 

Recommended Articles