29

APR 20

Tim writer GoodLife

Cara Mencuci dan Merawat Masker Kain, Guna Mencegah Tertularnya Virus Corona

Saat menyebarnya masalah pandemi virus di seluruh dunia, kebutuhan masker medis menjadi mengalami kelangkaan. Oleh karenanya, masker medis hanya diperuntukkan untuk para tim medis saja yang merupakan garda terdepan dalam menangani pasien covid-19 secara langsung. Masyarakat biasa pun akhirnya dianjurkan untuk menggunakan masker kain sebagai gantinya.

Di Indonesia sendiri, berbagai sektor usaha banyak yang beralih menjadi produsen masker kain. Berbagai bentuk dan motif juga ditawarkan. Namun seringkali, kita tidak terlalu memperhatikan bagaimana merawat masker tersebut. Padahal, cara mencuci masker ini sama pentingnya dengan anjuran menggunakan masker sebagai tindakan pencegahan tertularnya virus.

The Lancet, penerbit jurnal bidang kesehatan dan pengobatan, mengeluarkan sebuah laporan mengenai masa inkubasi virus dalam masker. Mereka memang biasanya menerbitkan jurnal secara mingguan dan info kali ini berhasil mengejutkan banyak orang. Dalam laporan tersebut yang berdasarkan penelitian dinyatakan bahwa, virus tetap dapat hidup pada lapisan terluar dari masker selama 7 hari. Para peneliti lalu menyimpulkan jika desinfektan dapat digunakan untuk membunuh virus yang masih menempel pada masker itu.

masker

Seberapa efektif penggunaan masker kain untuk menangkal virus?

Masker buatan sendiri atau masker kain memang lebih rentan terhadap virus. Rodney Rohde selaku dekan penelitian pada Health Professions di Texas State University mengatakan, kain katun tidak dirancang untuk sepenuhnya menyaring partikel virus dalam rentang nanometer. Namun, itu bisa sangat membantu untuk menghindari konsentrasi partikel virus yang dapat dihirup dari droplet pernapasan, yang pada akhirnya mengurangi transmisi covid-19.

Selain hal positifnya, masker juga dapat membawa virus lohh, Goodpeeps. Dimitar Marinov, asisten profesor di Medical University of Varna berkata bahwa hingga 97% partikel virus di udara dapat dengan mudah menembus masker kain.

"Inilah sebabnya kami menyarankan penggunaan masker kain sebagai metode untuk melindungi orang lain tetapi tidak untuk perlindungan diri," tambahnya.

mencuci masker

Lalu, bagaimana cara mencuci dan merawat masker yang baik?

Berikut ini adalah cara mencuci dan merawat kebersihan masker kain menurut para ahli :

1. Penting Untuk Mencuci Masker Setiap Selesai Digunakan

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC, menyarankan untuk mencuci masker setidaknya satu kali sehari setelah Goodpeeps menggunakannya. Tetapi, jika tim medis yang terpaksa menggunakan masker kain, maka mereka harus mencuci masker tersebut setiap 2 jam pemakaian.

2. Sebaiknya Jangan Gunakan Deterjen Biasa

Deterjen

Rodney Rohde selaku dekan penelitian pada Health Professions di Texas State University menjelaskan bahwa sebaiknya gunakan deterjen berbahan aktif saat mencuci. Contohnya adalah menggunakan deterjen dengan senyawa seperti pemutih atau bahan aktif lainnya. 

3. Mencuci dengan Tangan, Jika Tidak Memiliki Opsi Lain

Mencuci masker dengan menggunakan mesin cuci adalah sesuatu yang disarankan karena dapat mengoptimalkan proses pencucian. Namun, jika tidak memiliki opsi tersebut maka kita bisa mencuci dengan tangan secara manual. Setelah diberi sabun atau deterjen, gosok masker dengan tangan setidaknya selama 20 detik dan gunakan air hangat.

4. Penggunaan Air Hangat Saat Mencuci

Menurut WHO, virus tidak dapat bertahan saat diberikan suhu yang panas setinggi 56 derajat Celcius (140 derajat Fahrenheit). Maka dari itu, menggunakan air hangat saat mencuci dinilai efektif untuk membunuh virus yang menempel pada masker.

5. Menyetrika Masker Juga Penting

Setelah menggunakan air hangat saat mencuci, kita juga perlu menyetrika setelahnya saat sudah dikeringkan. Proses dalam menyetrika adalah langkah baik untuk mensterilkan kembali masker yang telah dipakai.

 

Source

Baca juga : Kreatif Belajar Pencegahan Penularan Covid Melalui Karakter Buatan Yumiko Kashu

Recommended Articles