06

AUG 19

Tim writer GoodLife

6 Tips Mencoba Bisnis Perawatan Tradisional yang Menggiurkan

Beragam produk perawatan kecantikan tradisional sukses di pasaran. Bisnis ini memang menggiurkan. Tertarik mencoba? Ikuti enam tips dari financial planner, Tejasari Asad berikut ini dulu, yuk

 

1.  Model Produksi

Pilih model produksi yang kamu sanggupi. Apakah mau memproduksi barang sendiri atau cukup jadi reseller.Keduanya punya plus dan minus. 

“Jika kita produksi barang sendiri, memang rasanya lebih puas karena pakai brand sendiri. Tetapi modal yang disiapkan harus besar. Jika tetap ingin memproduksi sendiri, kamu bisa coba memulai menjual dari skala kecil dulu. Misalnya, membuat sabun, bikinlah satu varian dulu,” saran Teja.

Sementara, jika menjadi reseller tentu modalnya tidak sebesar memproduksi barang sendiri. Namun keuntungan yang diperoleh lebih kecil dan kita merasa bekerja untuk orang lain.

“Ada juga model produksi dimana kita memiliki brand sendiri, tetapi pengerjaannya dilakukan oleh orang lain. Tentu model bisnis ini tidak merepotkan, tetapi keuntungannya tidak besar.” 

2.  Sesuai minat

Sesuaikan bisnis dengan minat dan pengetahuan. Lakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan konsumen. 

 

3.  Komunitas

Ikuti seminar dan komunitas bisnis yang suportif.

 

4.  Media sosial

Manfaatkan media sosial untuk ajang marketing dan promosi. Kita harus rajin mengupdate laman akun kita dan responsif ke pembeli.

 

5.Utang untuk modal

Boleh berutang untuk modal awal tetapi jangan yang memberatkan, misalnya soft loan ke keluarga sendiri. 

 

6. Harus kreatif 

Misalnya, untuk menekan biaya produksi jangan mengurangi kualitas bahan utama tetapi kamu bisa menyesuaikan kemasannya sesuai budget. “Intinya, kalau punya modal kecil harus kreatif,” tukas Teja.

 

Recommended Articles